Jateng Wajib Bersiap, 4 Daerah Diprediksi BMKG Masuk Kemarau Paling Awal

Jumat, 25 Maret 2022 – 23:05 WIB
Jateng Wajib Bersiap, 4 Daerah Diprediksi BMKG Masuk Kemarau Paling Awal - JPNN.com Jateng
Petani memeriksa pipa untuk menyedot air di telaga Merdada kawasan dataran tinggi Dieng, Karang Tengah, Batur, Banjarnegara, Jateng, Sabtu (14/8/2021). Saat musim kemarau petani sayuran di sekitar telaga Merdada memanfaatkan air telaga untuk menyirami tanaman. ANTARA FOTO/Anis Efizudin/hp. (ANTARA FOTO/ANIS EFIZUDIN)

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Musim penghujan akan segera berakhir di wilayah Jawa Tengah. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sejumlah daerah di provinsi sudah akan memasuki musim kemarau pada awal April 2022.

Kepala BMKG Stasiun Klimatologi Jawa Tengah Sukasno mengatakan kemarau paling awal diprakirakan terjadi pada dasarian I bulan April.

Sejumlah daerah yang diprakirakan mengalami kemarau paling awal di antaranya Kota Tegal dan Pekalongan, sebagian wilayah utara Kabupaten Tegal, Pemalang dan Pekalongan, serta sebagian wilayah barat laut Batang.

Sementara secara umum, kata dia, Jateng akan mulai memasuki kemarau pada Mei 2022.

Dia menjelaskan prakiraan tersebut didasarkan pada "El Nino Southern Oscillation" (ENSO) yang menunjukkan kondisi fluktuatif La Nina diprediksi berangsur menuju etral pada periode Maret hingga Mei.

Selain itu, kata dia, suhu permukaan laut SST Indonesia diprakirakan hangat hingga netral sampai pertengahan 2022

"Kemarau 2022 ini diprakirakan mundur satu dasarian dari waktu normalnya," katanya.

Adapun puncak musim kemarau, diprakirakan terjadi pada Agustus 2022.

Sejumlah daerah di Jawa Tengah (Jateng) diprediksi BMKG akan masuk kemarau awal April mendatang. Warga diminta bersiap.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News