Ini Loh Blangkon Jateng, Program Ganjar saat Respons Kemarahan Jokowi

Jumat, 25 Maret 2022 – 22:39 WIB
Ini Loh Blangkon Jateng, Program Ganjar saat Respons Kemarahan Jokowi - JPNN.com Jateng
Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah Ema Rachmawati. FOTO: Dokumen pribadi.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memiliki program andalan untuk mengangkat produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) melalui e-katalog Blangkon Jateng.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jateng Ema Rachmawati menyebut transaksi belanja langsung melalui toko daring itu mencapai Rp 15 miliar.

Dia mengatakan jumlah penyedia yang memanfaatkan Blangkon Jateng sebanyak 2.448 pelaku UMKM di 10 kabupaten/kota dari total 18 daerah di Jawa Tengah.

"Iya, sebagai upaya mendorong UMKM supaya bergabung kami gelar pelatihan dan pendampingan untuk 500 UMKM," kata Ema, Jumat (25/3).

Ema menjelaskan tiap kabupaten/kota diwajibkan melatih dan mendampingi UMKM untuk masuk ke Blangkon Jateng melalui dana alokasi khusus (DAK) dari kementerian.

"Intinya, semua kami wajibkan bergabung Blangkon Jateng," tuturnya.

Aplikasi Blangkon Jateng adalah proses perubahan budaya kerja menuju digitalisasi pengadaan barang maupun jasa.

E-katalog tersebut dibuat bertujuan memberi kemudahan dan perluasan usaha kepada UMKM dan koperasi lebih inklusif, transparan dan akuntabel.

Catatan moncer Blangkon Jateng, sebuah program untuk UMKM yang disebut Ganjar ketika menanggapi kemarahan Jokowi.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News