Inilah Alasan Google Doodle Menampilkan Siti Latifah Herawati Diah, Ternyata

Minggu, 03 April 2022 – 13:14 WIB
Inilah Alasan Google Doodle Menampilkan Siti Latifah Herawati Diah, Ternyata - JPNN.com Jateng
Google Doodle menampilkan sosok Siti Latifah Herawati Diah hari ini, Minggu (3/4). Dok. Google Indonesia

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Google Doodle hari ini, Minggu (3/4), menampilkan sosok jurnalis wanita Indonesia, Siti Latifah Herawati Diah.

Dikutip dari keterangan resmi Google, tampilan tersebut untuk menandai peringatan hari lahir Siti Latifah Herawati Diah ke 105.

Sosok jurnalis wanita Indonesia itu lahir di Tanjung Pandan Belitung pada 3 April 1917 dan meninggal di Jakarta pada 30 September 2016.

Sepanjang kariernya, Siti Latifah Herawati Diah ikut mendirikan The Indonesian Observer, surat kabar berbahasa Inggris pertama di Indonesia pada 1955.

Sebagai satu-satunya publikasi berbahasa Inggris di Indonesia selama lebih dari satu dekade, majalah ini menangkap aspirasi dan kesulitan bangsa yang baru merdeka untuk khalayak global.

Wanita yang akrab disapa Herawati itu mengenyam pendidikan dan belajar jurnalisme di Barnard College di New York.

Dia adalah wanita pribumi pertama lulusan universitas Amerika Serikat pada 1939.

Sebelum pergi ke AS, Herawati terlebih dahulu menempuh pendidikan di Europeesche Lagere School (ELS) di Salemba, Jakarta dan American High School di Tokyo, Jepang.

Alasan kuat Google Doodle hari ini menampilkan sosok jurnalis wanita Indonesia, Siti Latifah Herawati Diah, disampaikan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News