Basarnas Siagakan 5 Helikopter di Sepanjang Tol Trans Jawa

Selasa, 12 April 2022 – 05:08 WIB
Basarnas Siagakan 5 Helikopter di Sepanjang Tol Trans Jawa - JPNN.com Jateng
Kepala Basarnas Marsma TNI Henri Alfiandi saat kunjungan kerja di Kantor SAR Semarang Perumahan Permata Puri, Senin (11/4). Foto: Humas Kantor SAR Semarang.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) akan mengerahkan lima helikopter guna membantu mengatasi kondisi darurat di sepanjang ruas tol Trans Jawa saat arus mudik Lebaran tahun ini.

Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi mengatakan mudik 2022 diperkirakan akan terjadi secara besar-besaran setelah dua tahun diimbau agar tidak pulang kampung.

"Lima helikopter disiagakan dari Jawa Timur, Jawa Tengah, Cikampek, hingga Merak," kata dia di sela kunjungannya ke Kantor SAR Semarang, Senin (11/4).

Secara keseluruhan, kata dia, 4.029 personel Basarnas siap diterjunkan di masa Lebaran mulai 25 April hingga 11 Mei 2022.

"Tidak ada personel Basarnas yang cuti saat Lebaran nanti," katanya.

Dia menambahkan kerawanan lain yang mungkin terjadi saat Lebaran nanti, yakni tempat-tempat wisata yang akan ramai dikunjungi.

"Pada hari kedua Lebaran biasanya masyarakat akan memadati tempat-tempat wisata," katanya.

Oleh karena itu, lanjut dia, potensi terjadinya kondisi darurat di seluruh tempat wisata juga menjadi perhatian Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan.

Lima helikopter disiapkan Basarnas saat operasi pengamanan mudik lebaran nanti di sepanjang Tol Trans Jawa.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News