Menhub Minta Korlantas Terapkan Sistem Satu Arah, Ganjil Genap, di Periode Ini

Minggu, 24 April 2022 – 05:00 WIB
Menhub Minta Korlantas Terapkan Sistem Satu Arah, Ganjil Genap, di Periode Ini - JPNN.com Jateng
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau kesiapan Gerbang Tol Kalikangkung Semarang, Sabtu (23/4). Foto: Wisnu Indra Kusuma/JPNN.com.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Pemberlakuan sistem satu arah atau one way dan ganjil genap akan diberlakukan di tol saat arus mudik dan balik Lebaran 2022.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan upaya pengaturan lalu lintas itu untuk mengurangi potensi kemacetan pada periode arus mudik dan balik nanti.

"Langkah ini diambil sebagai pencegah kemacetan selama arus mudik dan arus balik," jelasnya saat mengecek kesiapan arus mudik di Gerbang Tol Kalikangkung Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (23/4).

Budi menjelaskan pelaksanaan ganjil genap akan berlangsung pada periode 28 hingga 30 April 2022. Melihat potensi banyaknya kedatangan kendaraan, pihaknya meminta masyarakat untuk bisa mudik lebih awal.

"Memang kegiatan itu bisa dilakukan lebih awal ke 25 April," tuturnya.

Kementerian Perhubungan memberikan kewenangan sepenuhnya terhadap Korlantas Polri untuk melakukan pemberlakuan one way, ganjil genap, dan pengaturan lalu lintas lainnya.

Dia menyebut Kementerian Perhubungan akan membantu seluruh jalannya arus mudik dan balik Lebaran 2022 terlaksana lancar.

"Kami sepakat leadership atau pemimpin dari pada kegiatan one way dan ganjil genap itu atas perintah dari Pak Kakorlantas," imbuhnya.

Menhub Budi Karya Sumadi memintan Korlantas Polri menerapakn sistem satu arah hingga ganjil genap dari Jakarta ke Jateng pada periode ini.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News