Arus Lalu Lintas di Solo Mulai Padat, Ratusan Ribu Kendaraan Terpantau di Batas Kota

Rabu, 27 April 2022 – 15:26 WIB
Arus Lalu Lintas di Solo Mulai Padat, Ratusan Ribu Kendaraan Terpantau di Batas Kota - JPNN.com Jateng
Mudik Lebaran 2022 (ilustrasi).ANTARA FOTO/Budi Candra Setya/nym.

jateng.jpnn.com, SOLO - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surakarta memprediksi puncak arus mudik Lebaran 2022 bakal terjadi pada hari pertama libur sekolah, yakni pada Sabtu (30/4) besok.

Berdasarkan data volume kendaraan Kota Solo per Senin (25/04) atau pada H-7 Lebaran, jumlah kendaraan yang melintas mulai meningkat.

Total ada sebanyak 257.383 kendaraan masuk Solo melalui 7 ruas jalan di batas kota, yakni Kleco, Tugu Mahkota, Klodran, Jongke, Jurug, Ring Road, dan Dawung.

Jumlah tersebut lebih banyak 29.112 dari hari sebelumnya. Sedangkan jumlah kendaraan yang keluar dari Kota Solo tercatat ada sebanyak 271.242 kendaraan atau meningkat 63.943.

Artinya, banyak dari pemudik yang sekadar melintas melewati Kota Solo dibandingkan dengan para pemudik yang menjadikan Solo sebagai tujuan.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Kota Surakarta Ari Wibowo mengatakan, arus lalu lintas pada H-7 tahun ini mengalami peningkatan yang signifikan jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Peningkatan mencapai 215.141 kendaraan atau naik 68,63 persen. Jika dibandingkan dengan data pada H-7 tahun 2019, maka ada kenaikan 76.224 kendaraan atau naik 16,84 persen.

Ari pun menegaskan bahwa terdapat potensi pertambahan kedatangan pemudik dan peningkatan arus lalu lintas di Solo Raya karena kegiatan harian maupun kegiatan tambahan seperti belanja untuk keperluan Lebaran yang dilakukan oleh masyarakat.

Puncak arus mudik diprediksi terjadi pada Jumat besok, namun pada H-7 lebaran arus lalu lintas di Kota Solo mulai padat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News