Skema Polda Jawa Tengah Matang, One Way Lokal Arus Balik Sangat Mungkin Diberlakukan

Jumat, 06 Mei 2022 – 04:00 WIB
Skema Polda Jawa Tengah Matang, One Way Lokal Arus Balik Sangat Mungkin Diberlakukan - JPNN.com Jateng
Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi. Foto: Humas Polda Jateng.

jateng.jpnn.com, SOLO - Polda Jawa Tengah akan menerapkan sistem satu arah atau one way lokal apabila terjadi kemacetan saat arus balik di gerbang Tol Kalikangkung Semarang. 

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi setelah melakukan koordinasi penanganan arus balik 2022 di Pos Pelayanan (Posyan) Terpadu, Benteng Vasteberg Solo, Kamis (5/5) malam. 

Kapolda mengatakan penerapan sistem one way di ruas tol secara nasional akan dimulai pada Jumat (6/5) pukul 14.00 WIB.

Khusus di tol Semarang-Solo, one way akan dimulai dari Gerbang Tol Kalikangkung hingga KM 47 atau exit tol Cikampek, Karawang, Jawa Barat.

"Kami telah sepakat dengan direktoral lalu lintas dan stakeholder lainnya, jika arus balik sebelum Kalikangkung macet akan kami berlakukan one way lokal," terangnya. 

Berdasarkan hasil pantauan tim Polda Jawa Tengah, arus lalu lintas di Gerbang Tol Kalikangkung mencapai 68 ribu kendaraan sehingga perlu adanya rekayasa lalu lintas.

Luthfi menjelaskan one way lokal akan dimulai di gerbang tol Bawen, Banyumanik, Kalikangkung, hingga Cikampek, Jawa Barat.

"Kalau tidak ada kepadatan tetap kami berlakukan one way nasional, Kalikangkung-Cikampek," tegasnya. 

Polda Jawa Tengah akan menerapkan sistem one way lokal apabila terjadi kemacetan di Tol Kalikangkung. Ini titik-titiknya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News