Adik Ipar Jokowi Segera Dikukuhkan Sebagai Guru Besar, Ternyata Ini Alasanya

Jumat, 03 Juni 2022 – 18:12 WIB
Adik Ipar Jokowi Segera Dikukuhkan Sebagai Guru Besar, Ternyata Ini Alasanya - JPNN.com Jateng
Ketua MK Anwar Usman segera dikukuhkan sebagai guru besar di Unissula Semarang. Foto: Ricardo/JPNN.com

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang menganugerahi gelar guru besar kepada Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman.

Surat Keputusan (SK) Profesor Kehormatan untuk adik ipar Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu sendiri telah diberikan Unissula pada 11 Maret 2022.

Rektor Unissula Semarang Prof. Dr. Gunarto mengatakan pengangkatan itu telah sesuai dengan Permendikbudristekdikti Nomor 38 Tahun 2021 tentang Pengangkatan Profesor Kehormatan pada Perguruan Tinggi.

"Gelar ini diberikan karena beliau (Anwar Usman) menulis jurnal internasional bereputasi," jelasnya, Jumat (3/6).

Kendati demikian, hal terpenting dalam kacamatanya, adik ipar Jokowi itu telah memberikan kontribusi terhadap perkembangan demokrasi di Indonesia pascapemilihan presiden (pilpres) tiga tahun lalu.

Menurutnya, gagasan tentang keputusan MK soal penetapan pilpres berhasil menyatukan polarisasi yang saat itu memecah belah masyarakat.

"Keputusan MK itu menyatukan menjadi satu kemudian juga mendapatkan legitimasi dari pakar-pakar internasional dan rektor, dekan, dan asosiasi di bidang hukum," terang Gunarto.

Pengukuhan Anwar Usman sebagai guru besar di Unissula sendiri bakal digelar bulan ini. Namun, mengenai tanggal pastinya, Gunarto belum bisa menyebutkan.(mcr5/jpnn)

Unissula segera mengukuhkan adik ipar Jokowi, Anwar Usman sebagai guru besar. Ternyata karena alasan ini.

Redaktur : Sigit Aulia Firdaus
Reporter : Wisnu Indra Kusuma

Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News