Pegawai BKB Bersihkan Candi Borobudur Ramai-Ramai, Lihat

Selasa, 14 Juni 2022 – 19:16 WIB
Pegawai BKB Bersihkan Candi Borobudur Ramai-Ramai, Lihat - JPNN.com Jateng
Pegawai Balai Konservasi Borobudur memperingati Hari Purbakala 2022.dengan membersihkan Candi Borobudur. ANTARA/Anis Efizudin

jateng.jpnn.com, MAGELANG - Sejumlah pegawai Balai Konservasi Borobudur (BKB) beramai-ramai membersihkan Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Selasa (14/6).

Kegiatan bertajuk "Reresik Candi Borobudur" itu digelar dalam rangka memperingati Hari Purbakala 2022.

Para pegawai BKB membersihkan candi secara manual, antara lain dengan menyikat batu candi untuk menghilangkan kotoran atau lumut dan melakukan penyemprotan dengan air.

Kepala Balai Konservasi Borobudur (BKB) Wiwit Kasiyati mengatakan pembersihan tersebut harus dilakukan untuk menjaga agar tidak terjadi kerusakan.

"Kalau tidak dibersihkan nanti tingkat kerusakannya bisa lebih parah dan kami mempunyai tanggung jawab luar biasa. Kami harus menjaga dan merawat batu Candi Borobudur," katanya.

Dia menyampaikan hal tersebut sudah menjadi tugas BKB sehingga selalu berupaya meminimalkan tingkat kerusakan.

Pihaknya akan melakukan upaya lain, di antaranya pengunjung kalau sudah boleh naik ke struktur candi harus memakai alas kaki khusus, yaitu sandal upanat yang merupakan produk masyarakat Borobudur.

Wiwit menuturkan setiap tahun selalu memperingati Hari Purbakala.

Pegawai BKB beramai-ramai membersihkan Candi Borobudur. Lihatlah aksi mereka.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News