PPDB Jateng 2022 SMA/SMK Dibuka Sampai 28 Juni, Ada Jalur Afirmasi Khusus Anak Nakes

Rabu, 15 Juni 2022 – 13:15 WIB
PPDB Jateng 2022 SMA/SMK Dibuka Sampai 28 Juni, Ada Jalur Afirmasi Khusus Anak Nakes - JPNN.com Jateng
Sekolah Menengah Kejujuran Negeri 7 Kota Semarang membuka PPDB online. FOTO: Wisnu Indra Kusuma/JPNN.com.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2022/2023 di Jawa Tengah telah dibuka. Jalur zonasi memiliki porsi paling besar dalam PPDB tahun ini.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah Suyanta menyampaikan terdapat empat jalur PPDB 2022 untuk jenjang SMA negeri, yaitu jalur zonasi, afirmasi, prestasi, dan perpindahan tugas orang tua murid.

Sebanyak 55 persen diperuntukkan jalur zonasi, jalur prestasi paling banyak 20 persen, dan perpindahan tugas orang tua murid paling banyak 5 persen.

Sementara jalur afirmasi paling sedikit 20 persen yang terdiri dari siswa miskin 13 persen, anak tenaga kesehatan 3 persen, masing-masing 2 persen untuk kuota anak panti dan anak yatim-piatu yang tercatat orang tuanya meninggal dunia karena Covid-19.

Lalu untuk jalur PPDB SMK negeri negeri ada 3. Paling sedikit sebesar 75 persen untuk jalur prestasi, jarak terdekat paling banyak 10 persen, dan afirmasi paling banyak 15 persen.

Pada jalur afirmasi terdiri dari paling sedikit 8 persen siswa miskin, paling banyak 3 persen untuk anak tenaga kesehatan, dan masing-masing 2 persen untuk anak yatim-piatu yang tercatat orang tuanya meninggal dunia karena Covid-19 dan anak panti.

Perlu diketahui PPDB SMA/SMK Jawa Tengah telah berlangsung sejak penetapan zonasi pada 18 Mei lalu dan pengumuman PPDB pada 10 Juni kemarin.

Pengajuan akun verifikasi berkas dan aktivasi akun dimulai 15 Juni hingga 28 Juni mendatang. Kemudian 29 Juni sampai 1 Juli pendaftaran dan perubahan sekolah pilihan.

Proses PPDB Jateng 2022 SMA/SMK dibuka sampai 28 Juni nanti, terdapat jalur afirmasi khusus anak nakes sebanyak 2 persen.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia