Rob di Semarang Makin Menjadi, Warga Menjerit, Janji Pemerintah Ditagih

Senin, 20 Juni 2022 – 19:56 WIB
Rob di Semarang Makin Menjadi, Warga Menjerit, Janji Pemerintah Ditagih - JPNN.com Jateng
Suasana rumah deret Kampung Tambakrejo, Kota Semarang yang tergenang rob. Senin (20/6). Foto: Dokumentasi warga untuk JPNN.com.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Warga Kampung Tambaklorok, Kota Semarang menagih janji pembangunan tanggul atau sabuk laut yang diwacanakan akan dibangun pekan ini.

Ungkapan tersebut mencuat setelah permukiman di Kelurahan Tanjung Emas, Kecamatan Semarang Utara tersebut kembali diterjang banjir rob akibat pasang laut yang cukup tinggi, Senin (20/6).

Ketinggian air di kampung nelayan itu bervariasi, mulai selutut hingga mencapai pinggang orang dewasa atau sekitar 100 sentimeter.

"Untuk itu, seluruh warga Tambaklorok sangat berharap agar sheet pile bisa segera dikerjakan," kata Ketua RW 16 Kelurahan Tanjung Emas Slamet Riyadi kepada JPNN.com Jateng.

Slamet menyampaikan telah mendengar kabar bahwa proyek yang akan dikerjakan oleh BBWS Pemali Juana tersebut tinggal menunggu waktu lelang tender pada pekan ini.

"Kami sangat memohon karena hanya itu yang bisa menanggulangi rob," ucapnya.

Peristiwa rob yang menerjang kampungnya itu sempat membuat warga berhamburan menyelamatkan barang-barang berharga.

Slamet menyatakan, volume air rob kali ini mirip dengan pasang air laut yang menyebabkan jebolnya tanggul di Kawasan Pelabuhan Tanjung Emas, bulan lalu.

Warga Kampung Tambaklorok Semarang tagih janji pembangunan sabuk laut pada pekan ini untuk melindungi dari rob.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News