Antisipasi Lonjakan Covid-19, Gibran Terapkan Sistem Bubble di APG XI 2022

Selasa, 21 Juni 2022 – 15:37 WIB
Antisipasi Lonjakan Covid-19, Gibran Terapkan Sistem Bubble di APG XI 2022 - JPNN.com Jateng
Perwakilan Kemenkes saat berpamitan dengan Ketua Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee (INASPOC) Gibran Rakabuming di Balai Kota Solo, Selasa (21/06/2022). Foto : Romensy Augustino/JPNN.com

jateng.jpnn.com, SOLO - Panitia penyelenggara ASEAN Para Games (APG) XI 2022 akan menerapkan sistem bubble selama penyelenggaraan, 30 Juli - 6 Agustus.

Detail aturan tersebut bakal tertuang dalam Surat Edaran (SE) yang ditandatangani oleh Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka selaku Ketua Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee (INASPOC).

Gibran menjelaskan pihaknya akan menerapkan sistem tersebut bedasarkan cabang olahraga (cabor).

"Ini diterapkan per cabor. Jadi, lebih gampang untuk penerapan protokol kesehatannya," jelasnya di Balai Kota Surakarta, Selasa (21/06). 

Mekanisme itu diterapkan untuk mengantisipasi lonjakan kasus penyebaran corona subvarian Omicron B.4 dan B.5 yang diprediksi oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencapai puncak pada Juli 2022.

"Untuk mengantisipasi lonjakan  covid-19, tetapi aman kok, para atlet tidak ke mana-mana," terangnya.

Gibran menjelaskan pihaknya telah mendesain mekanisme agar para atlet tidak pergi secara bebas. Mereka dipastikan tidak melakukan kegiatan di luar selama penyelenggaraan APG XI

"Maksudnya di hotel terus, enggak jalan-jalan, enggak wedangan, makan juga di hotel. PCR juga terus dilakukan, karena SOP memang seperti itu," terangnya.

Mengantisipasi lonjakan covid-19, Gibran bakal menerapkan sistem bubble untuk perhelatan ASEAN Para Games XI 2022 di Solo.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News