Efeknya Bikin Ngeri, BPOM Semarang Musnahkan Obat Ini

Rabu, 22 Juni 2022 – 18:48 WIB
Efeknya Bikin Ngeri, BPOM Semarang Musnahkan Obat Ini - JPNN.com Jateng
Kepala Balai BPOM Semarang Sandra M P Linthin saat memusnahkan obat tradisional mengandung bahan kimia berbahaya. FOTO: Wisnu Indra Kusuma/JPNN.com.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Jamu kuat untuk kaum pria menjadi satu di antara barang temuan yang dimusnahkan Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Semarang.

Jamu pegal-pegal dan obat pelangsing juga termasuk di antaranya barang bukti yang ditemukan selama razia periode kedua tahun ini.

Tiga barang tersebut masuk daftar produk mengandung bahan kimia berbahaya dan tidak memiliki izin edar yang marak diperjualbelikan.

"Memang, efeknya langsung ces pleng (manjur,red). Itu dosisnya bisa sampai tiga sampai empat kali lipat," kata Kepala Balai BPOM Semarang Sandra M P Linthin seusai pemusnahan di halaman kantornya, Rabu (22/6).

Berdasarkan penelusuran timnya, penjualan obat-obatan tradisional tengah menjamur karena efeknya yang sangat manjur.

Kendati mujarab, produk ilegal itu mempunyai efek samping yang membahayakan bagi tubuh bila dikonsumsi secara terus-menerus.

"Tetapi tidak dipikirkan dua atau tiga empat tahun kemudian menyebabkan resiko gangguan kesehatan," jelasnya.

Dalam periode ini, terdapat tiga pelaku usaha yang terjaring operasi penindakan. Dua distributor berasal dari Kabupaten Batang dan satu asal Kota Semarang.

Jamu kuat untuk kaum pria menjadi satu di antara barang temuan yang dimusnahkan BPOM Semarang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News