Kenangan Rektor Undip Terhadap Sosok Tjahjo Kumolo, Penuh Inspirasi

Jumat, 01 Juli 2022 – 19:28 WIB
Kenangan Rektor Undip Terhadap Sosok Tjahjo Kumolo, Penuh Inspirasi  - JPNN.com Jateng
Jenazah MenPAN-RB Tjahjo Kumolo saat tiba di rumah dinas Widya Chandra IV, Jakarta, Jumat (1/7). Tjahjo mengalami infeksi yang menyebar hingga paru-paru dan meninggal pukul 11.10 WIB. Foto : Ricardo

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Ucapan bela sungkawa atas meninggalnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPan-RB) Tjahjo Kumolo datang dari berbagai pihak.

Rektor Universitas Diponegoro (Undip) Semarang Prof Yos Johan Utama SH Mhum juga mengungkapkan duka mendalam terhadap alumni Undip tersebut.

Yos menyatakan Tjahjo Kumolo merupakan kakak tingkatnya kala menempuh bangku kuliah di Fakultas Hukum Undip pada 1985 silam.

"Iya, beliau dulu adalah kakak kelas saya ketika di Fakultas Hukum Undip," ungkap Yos saat dihubungi, Jumat (1/7).

Sebagai adik kelas, Yos menyebut sosok Tjahjo Kumolo merupakan pribadi yang mudah bergaul dan sederhana, terutama dalam hal selama menjalin pertemanan.

"Walaupun pejabat tetapi almarhum sangat sederhana," tuturnya.

Menurut Yos, sejak menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri) hingga MenPAN-RB, Tjahjo Kumolo tak pernah menunjukkan dirinya seorang pejabat.

"Ada banyak hal yang dapat saya jadikan inspirasi dari almarhum," imbuhnya.

Segala kenangan yang tercipta selama perkuliahan hingga sekarang ini menjadi doa untuk Tjahjo Kumolo yang telah pergi untuk selama-lamanya.

Tjahjo Kumolo pernah menempuh kuliah di Fakultas Hukum Undip. Begini kesan Prof Yos terhadap sosok almarhum

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News