Gibran Sebut Rel Layang Simpang Joglo Akan Menarik Investor

Rabu, 06 Juli 2022 – 22:13 WIB
Gibran Sebut Rel Layang Simpang Joglo Akan Menarik Investor - JPNN.com Jateng
Sebuah truk saat sedang melewati jalur kereta api baru di Simpang 7 Joglo, Rabu (6/07/2022). Foto: Romensy Augustino/JPNN.com

jateng.jpnn.com, SOLO - Sebanyak dua jalur kereta api jalur Solo-Semarang kini sudah melintasi Simpang 7 Joglo, Surakarta, Jawa Tengah.

Pantauan JPNN.com Jateng di Simpang 7 Joglo, Rabu (6/07) sore sekitar pukul 17.15 WIB, jalur kereta api baru sepanjang kurang lebih 1 kilometer sudah dibangun di sebelah barat jalur lama. 

Seperti diketahui, lokasi tersebut masuk dalam mega proyek pembangunan rel layang Solo-Semarang fase 1 Stasiun Solo Balapan-Kadipiro.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) selaku penanggungjawab proyek merencanakan akan membuat elevated rail atau rel layang dengan panjang bentangan mencapai 270 meter.

Menurut Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Wilayah Jawa Bagian Tengah Putu Sumarjaya, progres pembangunan rel layang sudah mencapai 15 persen. 

"Target kami pada 2023 itu sudah bisa beroperasi single track ke atas, sedangkan untuk double track paling lambat awal 2024," jelasnya Kantor di Kelurahan Nusukan, Rabu (6/07).

Putu menjelaskan rel baru itu nantinya akan dibangun sepanjang 3 kilometer guna menggantikan fungsi rel lama untuk sementara waktu. Bagian rel lama akan dibongkar untuk membangun elevated. 

"Itu untuk rel sementara, kemudian rel yang lama akan kami bongkar untuk membuat elevated ke atas. Nanti baru yang lama dipindah ke atas," terangnya.

Gibran Rakabuming Raka menyebut jika pembangunan rel layang Simpang Joglo selesai, maka investor akan berdatangan.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News