Kendalikan Harga Pangan Pokok Startegis, BUMD Jawa Tengah Memborong Cabai dan Bawang dari Petani

Jumat, 22 Juli 2022 – 19:48 WIB
Kendalikan Harga Pangan Pokok Startegis, BUMD Jawa Tengah Memborong Cabai dan Bawang dari Petani - JPNN.com Jateng
Ilustrasi pedagang cabai di pasar tradisional. Foto: Romensy Augustino/jpnn

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Upaya untuk mengendalikan harga pangan pokok strategis, Badan usaha milik daerah milik Pemerintah Jawa Tengah, PD Citra Mandiri Jawa Tengah (CMJT) memborong 3,5 ton cabai dan bawang merah langsung dari petani.

Direktur Pemasaran PD CMJT Totok mengatakan pihaknya membeli langsung produk petani seperti cabai, bawang merah, dan jagung, yang nantinya akan didistribusikan ke daerah di Jawa Tengah melalui operasi pasar.

"Kami mendapat perintah untuk menstabilkan harga dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang dilakukan tidak hanya pada komoditas cabai dan bawang merah, tetapi juga komoditas lain seperti jagung sebagai bahan pakan ayam," katanya, Jumat (22/7).

Dia mengatakan CMJT telah melakukan pembelian pangan pokok strategis seperti cabai dan bawang sebanyak 3,5 ton.

"CMJT bekerja sama dengan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah untuk menjembatani pembelian langsung dari petani guna memenuhi kebutuhan tersebut," jelasnya.

Dalam melakukan operasi pasar, CMJT juga bekerja sama dengan Bank Jateng.

"Kemarin, kami lakukan pembelian untuk operasi pasar di Semarang ada cabai 2 ton, bawang merah 1,5 ton," ujarnya.

Efek pembelian itu, lanjut dia, harga pangan pokok strategis tersebut trurn dari Rp70 ribu per kilogram menjadi Rp53 ribu hingga Rp55 ribu/kg.

BUMD Jawa Tengah memborong 3,5 ton cabai dan bawang langsung dari petani guna mengendalikan harga pangan pokok strategis.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News