Pegang Cangkul, Ganjar Tanam Seribu Pohon Bareng Anak SD, Lihat

Selasa, 26 Juli 2022 – 07:00 WIB
Pegang Cangkul, Ganjar Tanam Seribu Pohon Bareng Anak SD, Lihat - JPNN.com Jateng
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam aksi penanaman seribu di Kabupaten Banjarnegara. Foto: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, BANJARNEGARA - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tak putus asa menggalakkan penanaman pohon di lahan kritis untuk mencegah terjadinya bencana alam.

Kini, ada seribu pohon yang ditanamnya bersama pelajar di Desa Majalengka, Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara, Senin (25/7) sore. 

"Kami galakkan karena ini kemarau basah, kami manfaatkan kebasahan selama musim kemarau itu untuk menanam," kata Ganjar.

Ada sekitar 300 orang yang mengikuti aksi penanaman seribu pohon tersebut. Mereka di antaranya terdiri dari warga sekitar, pelajar, kelompok tani hutan, dan pegiat lingkungan.

Jenis pohon yang ditanam merupakan pohon berbuah, dan pohon langka seperti Pohon Gayam, Kluweh, dan Tunjung. Pohon ampuh penyerap air itu ditanam di lahan kritis yang berpotensi banjir, tepat bagian bawah bukit.

Aksi penanaman pohon itu merupakan bagian dari program desa dampingan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Jawa Tengah.

"Kalau inisiatif warga bisa seperti ini bagus, akan sangat bermanfaat," ujarnya.

Isi dalam program desa dampingan itu melakukan pemberdayaan masyarakat melalui kelompok-kelompok tani hutan. 

Ganjar Pranowo terlihat seperti petani menanam seribu pohon bersama anak SD dengan memegang cangkul di Banjarnegara.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News