Ganjar Mendadak Jadi Guru di Banjarnegara, Ajarkan Ilmu Warisan Leluhur

Selasa, 26 Juli 2022 – 06:25 WIB
Ganjar Mendadak Jadi Guru di Banjarnegara, Ajarkan Ilmu Warisan Leluhur - JPNN.com Jateng
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi guru ilmu titen bagi pelajar SMA di Kabupaten Banjarnegara. FOTO: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, BANJARNEGARA - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendadak menjadi guru kebencanaan bagi pelajar sekolah menengah atas (SMA) di Kabupaten Banjarnegara, Senin (25/7).

Ganjar tampak intens memberikan materi mulai dasar hingga mitigasi terjadinya bencana alam, terutama longsor yang seringkali terjadi di daerah tersebut.

Materi pembelajaran yang diberikan Ganjar kepada para siswa yaitu terkait ilmu titen yang merupakan kearifan lokal merespons bencana alam.

Gubernur Jateng dua periode itu menyebut ilmu titen merupakan warisan turun temurun dari leluhur yang memperhatikan gejala alam.

"Ilmu titennya sebenarnya lebih pada kearifan lokal," kata Ganjar sesuai memberikan materi di Aula SMKN 1 Bawang, Banjarnegara.

Menurutnya, sudah semestinya ilmu titen dipelajari oleh siapapun termasuk para siswa yang masih menempuh jenjang pendidikan menengah atas.

"Harapannya, mereka bisa mempraktikkan dengan pengalaman-pengalaman masa lalu," kata Ganjar.

Sementara itu, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjarnegara Andri Sulistyo mencatat ada 99 desa rawan bencana tinggi di daerahnya.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mendadak menjadi guru bagi pelajar SMA di Banjarnegara yang menurutnya adalah warisan leluhur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News