Begini Kondisi Terkini Pasien Suspek Cacar Monyet di Pati

Senin, 15 Agustus 2022 – 12:10 WIB
Begini Kondisi Terkini Pasien Suspek Cacar Monyet di Pati - JPNN.com Jateng
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Yunita Dyah Suminar. Foto: Wisnu Indra Kusuma/JPNN.com.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah memastikan pasien suspek cacar monyet atau monkeypox di Kabupaten Pati telah dinyatakan negatif.

Kepala Dinkes Jateng Yunita Dyah Suminar mengatakan kondisi pasien tersebut telah membaik dan tidak menularkan ke orang lain.

"Kemarin memang gejalanya mirip, tetapi sampai saat ini masih bukan cacar monyet," kata Yunita ditemui di Kantor Gubernur Jawa Tengah, Senin (15/8).

Yunita menyebut hasil penelusuran tidak ditemukan riwayat kontak dengan binatang, termasuk persoalan yang ditimbulkan setelah pasien tersebut dinyatakan negatif.

"Tidak ada yang tertular, dan dia bukan pelaku perjalanan luar negeri," tuturnya.

Yunita mengatakan dalam antisipasi penyebaran virus cacar monyet, dituntut peran dari masyarakat untuk meningkatkan kesadaran menjaga kesehatan.

Menurutnya, masyarakat tidak perlu khawatir seandainya ditemukan gejala yang mirip cacar monyet. Masyarakat diminta segera mendatangi fasilitas kesehatan untuk segera mendapatkan penanganan lanjutan.

"Kalau bicara virus itu yang pertama adalah meningkatkan imunitas," ujarnya.(mcr5/jpnn)

Dinkes Jateng menyampaikan kondisi terkini pasien suspek cacar monyet di Pati, alhamdulillah.

Redaktur : Sigit Aulia Firdaus
Reporter : Wisnu Indra Kusuma

Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News