22 Eks Napiter Ikuti Upacara HUT ke-77 RI di Semarang, Lihat Aksi Ganjar

Rabu, 17 Agustus 2022 – 12:22 WIB
22 Eks Napiter Ikuti Upacara HUT ke-77 RI di Semarang, Lihat Aksi Ganjar - JPNN.com Jateng
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyematkan hasduk merah putih kepada Joko Priyono. Foto: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Hasduk merah putih menjadi tanda bagi 22 Puluhan eks narapidana terorisme (napiter) kembali ke pelukan ibu pertiwi.

Puluhan eks napiter tersebut mengikuti upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke 77 Kemerdekaan Republik Indonesia di Lapangan Pancasila Simpang Lima, Kota Semarang, Rabu (17/8).

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyematkan hasduk di kepala para eks napiter. Satu di antaranya Joko Priyono yang pernah divonis empat tahun penjara karena terlibat jaringan Jemaah Islamiyah (JI).

Joko Priyono menyebut keterlibatan eks napiter dalam upacara membuktikan bahwa Jawa Tengah memiliki toleransi yang tinggi dan kepedulian terhadap pemberantasan tindak intoleransi serta radikalisme.

"Kami bisa diterima dari kalangan manapun. Bisa bersilaturahmi dengan eks naipter yang lain, dan dengan seluruh elemen masyarakat di sini," kata Joko seusai upacara.

Dia menilai pemerintah telah memberikan perhatian lebih terhadap para eks napiter. Misalnya, dengan memberikan pelatihan wirausaha, sekaligus pinjaman modal untuk usaha.

"Setelah keluar dari penjara ada proses mengembalikan kesejahteraan. Itu dilakukan secara nyata," ujarnya.

Joko yang saat ini merintis usaha optik mengaku tengah membentuk Neo JI bersama rekan-rekannya yang telah keluar dari JI.

Puluhan eks napiter mengikuti upacara HUT ke 77 RI di Kota Semarang, Jateng. Ganjar Pranowo langsung beraksi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News