Ganjar Pranowo: Raperda Pesantren Segera Selesai

Selasa, 16 Agustus 2022 – 22:39 WIB
Ganjar Pranowo: Raperda Pesantren Segera Selesai - JPNN.com Jateng
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Foto: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo optimistis pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) penyelenggaraan pesantren segera selesai.

Aturan untuk memfasilitasi dan sinergitas penyelenggaraan pesantren di Jawa Tengah itu sedang digodok dan memasuki tahap lanjutan.

"Kami sudah sepakat jadi ada undang-undang pesantren dan daerah mesti memfasilitasi itu," ujarnya di Ruang Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Jawa Tengah, Selasa (16/8).

Ganjar menyebut segera rampung pembahasan dapat lebih cepat dan lancar sehingga Pemerintah Provinsi Jawa Tengah bisa segera turut andil dalam fasilitasi pesantren.

Menurutnya, keberadaan pesantren tidak dapat dipandang sebelah mata. Perhatian harus diberikan terhadap pesantren untuk mengajarkan selain agama, seperti kemampuan dan bakat serta ilmu yang baik.

"Nilai-nilai yang diajarkan di sana betul-betul bisa masuk ke dalam satu sistem pendidikan yang lebih baik, lebih bermutu dan lebih berkualitas, tetapi punya kekhasan," katanya.

Dia berharap Perda Pesantren ini nantinya akan membawa pesantren dapat makin sejajar dengan pendidikan formal yang ada.

"Mudah-mudahan anak-anak kita yang mondok itu juga bagian dari cara kita menyiapkan SDM yang bagus," ujarnya.

Usulan raperda pesantren telah sampai ke meja legislatif. Ganjar optimistis raperda tersebut segera selesai.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News