BMKG Keluarkan Peringatan Gelombang Tinggi di Laut Selatan Jateng, Jabar, & DIY

Kamis, 01 September 2022 – 11:02 WIB
BMKG Keluarkan Peringatan Gelombang Tinggi di Laut Selatan Jateng, Jabar, & DIY - JPNN.com Jateng
Ilustrasi - Gelombang tinggi. ANTARA/Ahmad Fikri

jateng.jpnn.com, CILACAP - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan gelombang tinggi masih berpotensi terjadi di laut selatan Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stamet Tunggul Wulung Teguh Wardoyo mengatakan gelombang tinggi masih berpotensi terjadi hingga akhir pekan ini.

"Tinggi gelombangnya tidak setinggi beberapa hari sebelumnya yang mencapai kisaran 4-6 meter atau masuk kategori sangat tinggi," katanya, Kamis (1/9).

Pihaknya telah mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi di laut selatan Jabar, Jateng, dan DIY yang berlaku hingga Jumat (2/9) dan akan segera diperbarui jika ada perkembangan lebih lanjut.

Menurut dia, peringatan dini tersebut dikeluarkan karena tinggi gelombang 2,5-4 meter yang masuk kategori tinggi.

Gelombang tersebut dipicu oleh pola angin di wilayah selatan Indonesia yang dominan bergerak dari arah timur hingga tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5-20 knot.

"Tiupan angin yang cenderung searah akan memicu terjadinya peningkatan tinggi gelombang," kata Teguh.

Oleh karena itu, kata dia, seluruh pengguna jasa kelautan maupun masyarakat di wilayah pesisir selatan Jabar hingga DIY diimbau untuk tetap waspada dan berhati-hati terhadap gelombang tinggi.

BMKG mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi di laut selatan Jateng, Jabar, DIY. Warga pesisir pantai harap hati-hati.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News