Ganjar Pranowo: Mahasiswa Harus Tahu Situasi Dunia Saat Ini

Selasa, 06 September 2022 – 13:49 WIB
Ganjar Pranowo: Mahasiswa Harus Tahu Situasi Dunia Saat Ini - JPNN.com Jateng
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi pemateri pada Pekan Ta'aruf Unissula 2022, Selasa (6/9). Foto: Humas Pemprov Jateng

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyampaikan mahasiswa harus tahu situasi dunia saat ini yang membuat harga bahan bakar minyak (BBM) menjadi naik.

Hal tersebut Ganjar sampaikan di hadapan ribuan mahasiswa baru Universitas Islam Sultan Agung Semarang pada acara Pekan Ta'aruf Unissula 2022.

"Artinya apa, oke kondisi situasi dunia tidak bagus mahasiswa harus tahu. Kondisi ekonomi tidak bagus mahasiswa harus tahu. Tidak hanya BBM, tetapi termasuk pangan, termasuk energi dalam arti luas," katanya, Selasa (6/9).

Menurutnya, isu kenaikan harga BBM memang menarik. Namun, mahasiswa sekarang mampu mengambil pelajaran dari berbagai sikap mahasiswa lain.

Bagi Ganjar, mahasiswa harus mendapatkan informasi yang cukup dan imun keceedasan yang lengkap. Selain itu juga intelektual, spiritual, serta emosional.

"Kata Bung Karno bener loh ya, kita mesti berdikari dalam bidang ekonomi termasuk dalam pangan. Maka anak-anak tadi juga menyampaikan kekuatan pangan nasional yang sebenarnya itu bisa jadi lahan garapan agar kita makin mandiri, itu keren," katanya.

Dalam sesi dialog, Ganjar mengaku terkesan dengan Fahrian Fauzi. Mahasiswa baru jurusan Hukum itu dinilai berani memberikan kritik kepada penegah hukum negeri ini.

"Saya kira itu bagian cara mengasah intelektualitas untuk dia bisa berpikir kritis, analitis, sistematis, tapi sopan," imbuh Ganjar. 

Ganjar Pranowo berharap mahasiswa lebih dulu tahu situasi dunia saat ini sebelum merespons isu kenaikan harga BBM.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News