Mengenalkan Adat Busana Jawa kepada Generasi Muda Melalui Festival Blangkon di Solo

Jumat, 09 September 2022 – 22:30 WIB
Mengenalkan Adat Busana Jawa kepada Generasi Muda Melalui Festival Blangkon di Solo - JPNN.com Jateng
Pembukaan Festival Blangkon 2022 di Loji Gandrung Solo, Jumat (9/9/2022). ANTARA/Aris Wasita

jateng.jpnn.com, SOLO - Festival Blangkon 2022 resmi digelar di Loji Gandrung Solo pada 9 hingga 11 September 2022.

Tujuan festival tersebut sebagai bentuk daya tarik wisata. Selain itu, juga bertujuan menggaet generasi muda mencintai budaya Jawa.

Ketua Pokdarwis Kota Surakarta Mintorogo dia berharap Festival Blangkon bisa menjadi acara tahunan. Tujuannya agar anak muda lebih mencintai blangkon sebagai identitas bangsa.

"Maka kami juga melibatkan puluhan anak muda untuk menampilkan tarian pembukaan," katanya, Jumat (9/9).

Selain mendorong anak muda mencintai blangkon, lanjut dia, pihaknya juga berupaya mengedukasi filosofi di balik blangkon yang menjadi pelengkap busana adat Jawa tersebut.

"Blangkon ini secara filosofi kan dipakai untuk mengikat pikiran, rasa, dan spiritual. Melalui blangkon kita mengikatkan diri kepada pencipta kita. Meski versi blangkon antara Solo dan Jogja ini beda namun secara garis besar filosofinya sama," katanya.

Untuk membedah filosofi tersebut, selama gelaran festival akan ada acara talkshow yang mendatangkan KGPH Puger yang merupakan salah satu dari Putra Ndalem Sinuhun Paku Buwono XII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengapresiasi gelaran festival tersebut. Menurut dia, blangkon mampu menunjukkan umur, status, dan jabatan seseorang yang mengenakannya.

Selain sebagai daya tarik wisata, Festival Blangkon juga bertujuan menggaet generasi muda mencintai budaya Jawa.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News