Menteri Sakti Bicara Soal Strategi Ekonomi Biru di Semarang, Seperti Apa?

Senin, 12 September 2022 – 07:00 WIB
Menteri Sakti Bicara Soal Strategi Ekonomi Biru di Semarang, Seperti Apa? - JPNN.com Jateng
Menteri Kelautan dan Perikanan RI Sakti Wahyu Trenggono. ANTARA/Wisnu Adhi

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Menteri Kelautan dan Perikanan RI Sakti Wahyu Trenggono menyampaikan pengarahan pada Strategi Implementasi Ekonomi Biru di Semarang, Jawa Tengah, Minggu (11/9).

Dia mengatakan saat ini pemerintah sedang menyiapkan payung hukum terkait dengan rencana implementasi strategi ekonomi biru yang menitikberatkan pada pertimbangan ekologi dan ekonomi pada kegiatan di ruang laut.

Hal tersebut, kata, berguna untuk mewujudkan laut yang sehat, aman, tangguh, serta produktif.

"Sekarang sedang dalam penyiapan payung hukum mudah-mudahan bisa segera selesai," katanya.

Setelah ada payung hukum, lanjut dia, strategi ekonomi biru akan diujicobakan ke beberapa daerah sebelum diterapkan secara menyeluruh.

"Jadi, tidak langsung dijalankan secara masif, tetapi trial dahulu. Kalau bagus, baru diterapkan. Maka, keberlanjutan ekosistem di laut akan berjalan baik, dan nelayan akan diuntungkan," ujarnya.

Sakti menegaskan bahwa strategi ekonomi biru merupakan bentuk keberpihakan pemerintah kepada nelayan lokal yang masih melaut dengan cara tradisional.

"Kami mau berpihak kepada mereka, butuh sesuatu apa yang bisa kami berikan, salah satunya menghidupkan pertumbuhan ekonomi di situ supaya nelayan bisa berkembang," katanya.

Menteri Kelautan dan Perikanan RI Sakti Wahyu Trenggono memaparkan soal strategi ekonomi biru di Semarang. Seperti apa konsepnya?
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News