Hujan Lebat Sebabkan Longsor di Banyumas, 2 Rumah Ambruk

Selasa, 13 September 2022 – 15:19 WIB
Hujan Lebat Sebabkan Longsor di Banyumas, 2 Rumah Ambruk - JPNN.com Jateng
Warga mengamati salah satu rumah di Kelurahan Sumampir RT 02 RW 04, Kecamatan Purwokerto Utara, Banyumas, yang ambruk pada Selasa (13/9/2022) dini hari, diduga akibat hujan yang terjadi sejak Senin (12/9/2022) sore hingga malam hari. ANTARA/Sumarwoto

jateng.jpnn.com, BANYUMAS - Bencana longsor terjadi di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, akibat hujan lebat sejak Senin (12/9) sore hingga malam hari.

Kepala Pelaksana BPBD Banyumas Budi Nugroho mengatakan berdasarkan laporan, tanah longsor terjadi di enam desa dan tiga kelurahan.

"Selain tanah longsor, angin kencang juga dilaporkan terjadi di dua desa," katanya, Selasa (13/9).

Menurut dia, pihaknya hingga saat ini masih melakukan asesmen di lokasi kejadian tanah longsor dan angin kencang.

Berdasarkan hasil asesmen sementara tercatat sebanyak dua rumah yang terdampak longsor dan satu rumah terancam tanah longsor di Kelurahan Pabuaran, Kecamatan Purwokerto Utara.

Sementara untuk kejadian angin kencang berdampak terhadap satu rumah di Desa Kutaliman RT 03 RW 04, Kecamatan Kedungbanteng, dan satu rumah di Desa Karanggude RT 04 RW 01, Kecamatan Karanglewas.

"Kami sudah melakukan kaji cepat dan penanganan terhadap rumah-rumah warga yang terdampak maupun terancam," katanya.

Budi mengimbau masyarakat Kabupaten Banyumas untuk mewaspadai potensi terjadinya bencana hidrometeorologi berupa banjir, longsor, tanah bergerak, angin kencang dan sebagainya seiring dengan meningkatnya intensitas hujan dalam beberapa hari terakhir.

Hujan lebat memicu bencana longsor di Banyumas. Enam desa dan 2 kelurahan terdampak. Dua rumah ambruk.
Sumber antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News