Samin Semringah, Uangnya yang Rusak Dimakan Rayap Dapat Ditukar

Kamis, 15 September 2022 – 16:35 WIB
Samin Semringah, Uangnya yang Rusak Dimakan Rayap Dapat Ditukar - JPNN.com Jateng
Samin (tengah) dan Kepala Kantor KPC BI Solo Nugroho Joko Prastowo (kiri) saat sedang melakukan jumpa pers di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo, Kamis (15/09/2022). Foto : Romensy Augustino/Jpnn.com

jateng.jpnn.com, SOLO - Samin tampak semringah setelah Kantor Perwakilan Cabang (KPC) Bank Indonesia (BI) Solo mengganti uang tabungannya yang rusak akibat dimakan rayap, Kamis (15/9) siang. 

Pria 53 tahun yang bekerja sebagai penjaga sekolah di SD Negeri Lodjiwetan, Pasar Kliwon Solo itu sebelumnya dikejutkan dengan rusaknya uang Rp 50 juta miliknya yang dimakan rayap.

Uang tersebut rencananya akan digunakan Samin untuk mendaftarkan haji untuk satu keluarganya.

Kepala Kantor KPC BI Solo Nugroho Joko Prastowo mengungkapkan bahwa pihaknya telah membantu Samin untuk mengidentifikasi uang rusak yang bisa ditukarkan. 

"Selama dua hari akmi identifikasi sisa uang kertas yang dimakan rayap. Sebelumnya, yang memenuhi syarat sebesar Rp 9.910.000," katanya saat konferensi pers.

Joko menjelaskan sehari berselang petugas BI dan Samin merangkai dan memperbaiki sisa potongan uang lainnya. Uang tersebut disusun agar bisa memenuhi syarat penukaran yakni 2/3 atau 68 persen dari luasan uang yang rusak.

"Hasilnya yang memenuhi syarat mendapatkan penggantian sebanyak Rp 10.310.000. Jadi total uang sah untuk mendapatkan penggantian sebanyak Rp 20.220.000," ujarnya.

Sementara itu, sisa potongan uang kertas yang tidak dapat disusun ulang, akan dimusnahkan.

Samin semringah setelah uangnya yang dimakan rayap mendapatkan ganti dari BI Solo.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News