Demonstrasi di Solo Meminta Presiden Jokowi Mundur, Begini Alasannya

Jumat, 23 September 2022 – 15:30 WIB
Demonstrasi di Solo Meminta Presiden Jokowi Mundur, Begini Alasannya - JPNN.com Jateng
Ratusan anggota GRBS saat melakukan unjuk rasa di Bundaran Gladag Solo, Jumat (23/09/2022) siang. Foto: Romensy Augustino/JPNN.com

jateng.jpnn.com, SOLO - Ratusan orang yang tergabung dalam Gerakan Rakyat Bersatu Soloraya (GRBS) melakukan demonstrasi di Bundaran Gladag, Pasar Kliwon, Solo pada Jumat (23/9).

Massa yang berjumlah ratusan itu meminta Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) memakzulkan atau mencopot Joko Widodo (Jokowi) sebagai Presiden Republik Indonesia.

"Secepatnya MPR mencopot Jokowi sebagai presiden, karena dianggap sudah tidak layak dan tidak mampu dalam mengelola tata negara," ungkap Ketua Gerakan Rakyat Soloraya Bersatu Syamsubdin Asrori.

Syamsuddin mengatakan Presiden Jokowi layak turun dari jabatannya. "Kami berusaha menyampaikan aspirasi atas carut-marutnya tata negara," katanya.

Menurut Syamsuddin, ada dua kepentingan besar yang terjadi pada era pemerintahan Jokowi sehingga membuat rakyat menjadi tertindas. Dua kepentingan itu, yakni kepentingan oligarki politik dan ekonomi. 

Syamsubdin menjelaskan dinamika dua kepentingan tersebut justru menguntungkan pihak oligarki. Kondisi rakyat makin terpuruk dengan beberapa kebijakan yang baru dikeluarkan, sementara orang-orang kaya atau oligarki makin merajalela.  

"Dua kepentingan itu sangat menindas rakyat. Rakyat makin menderita dan orang-orang kaya atau oligarki semakin merajalela," jelasnya.

Dia menambahkan kegiatan unjuk rasa ini adalah suara dari dalam hati berdasarkan catatan keprihatinan dari GRBS.

Ratusan massa yang tergabung dalam GRBS meminta Jokowi segera mundur dari jabatannya sebagai presiden. Alasannya begini.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News