Banyak Laporan Barang Hilang di Solo CFD, Dishub Dirikan Pos Copet

Minggu, 25 September 2022 – 15:41 WIB
Banyak Laporan Barang Hilang di Solo CFD, Dishub Dirikan Pos Copet  - JPNN.com Jateng
Pos Copet yang didirikan oleh Dishub Surakarta di depan kawasan Pengadilan Negeri (PN) Solo, Minggu (25/09/2022). Foto: Romensy Augustino/JPNN.com

jateng.jpnn.com, SOLO - Dinas Perhubungan (Dishub) Surakarta mendirikan tempat istirahat copet atau pos copet di gelaran Solo Car Free Day (CFD), Jalan Slamet Riyadi, Minggu (25/9) pagi.

Pos tersebut didirikan guna menekan kasus kehilangan barang yang marak terjadi saat penyelenggaraan CFD.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Surakarta Taufiq Muhammad mengatakan didirakannya pos copet yang berada tepat di depan Pengadilan Negeri (PN) Solo itu adalah untuk mengedukasi para pengunjung agar lebih waspada menjaga barang bawaannya.

Selain itu, Taufiq juga berpesan untuk masyarakat tidak menggunakan perhiasan secara berlebihan.

"Kalau nanti ketangkap copetnya, akan kami pertontonkan di tempat ini. Sehingga para copet berpikir ulang untuk beraksi," jelasnya saat diwawancarai.

Setiap penyelenggaraan CFD pada hari Minggu, Dishub selalu mendapat rata-rata 4-5 laporan kehilangan barang. Taufiq mengungkapkan berkaca dari Terminal Tirtonadi Solo, pos copte diharapkan mampu mengurangi laporan pengunjung yang kehilangan barang berharganya.

"Dulu di terminal juga banyak sekali laporan, kemudian didirikan pos copet, dan terjadi penurunan laporan," jelasnya.

Taufiq menjelaskan untuk sementara pos tersebut hanya akan didirikan di depan PN Surakarta. Pihaknya masih akan melakukan evaluasi terlebih dahulu terkait efektifitas pendirian pos copet.

Barang milik pengunjung Solo CFD banyak yang hilang, DIshub Surakarta pu mendirikan pos copet. Tujuannya ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News