Jalan Layang Ganefo Mranggen Demak Siap Beroperasi, Uji Cobanya Hari Ini

Rabu, 28 September 2022 – 16:46 WIB
Jalan Layang Ganefo Mranggen Demak Siap Beroperasi, Uji Cobanya Hari Ini - JPNN.com Jateng
Jalan Layang (Fly Over) Ganefo, Mranggen, Kabupaten Demak, dilihat dari atas. (ANTARA/HO-Humas Pemprov Jateng)

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Jalan Layang (Fly Over) Ganefo, Mranggen, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, siap beroperasi pada awal Oktober 2022. Dengan pengoperasian tersebut diharapkan bisa mengurai kemacetan lalu lintas selama ini.

"Pembukaan Jalan Layang Ganefo bisa mengurai kemacetan sekaligus menjadi alternatif jalan di pantai utara Jawa, mengingat pada jalan nasional pantura sedang dilakukan perbaikan di Jembatan Wonokerto," kata Kepala Dinas Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga, dan Cipta Karya (DPU BMCK) Jawa Tengah Hanung Triyono di Semarang, Rabu (28/9).

Dia menyebutkan Jalan Layang Ganefo, Mranggen saat ini telah selesai 100 persen.

"Mulai 28-30 September 2022, ruas ini akan ujicoba untuk dilewati kendaraan kecil dengan tinggi maksimal 2,1 meter, sedangkan kendaraan besar seperti truk dan bus masih memakai jalan eksisting di bawah jembatan," ujarnya.

Hanung menjelaskan sarana prasarana di Jalan Layang Ganefo seperti lampu penerangan telah terpasang dan berfungsi, termasuk penyempurnaan dilakukan pada marka jalan, serta pada detail motif pada pagar pengaman jalan.

"Kami uji coba layak fungsi dalam tiga hari. Tidak ada kendala, lampu menyala, marka akan dipermanenkan. Oktober nanti bisa dilalui semua kendaraan," katanya.

Selama uji coba, pihaknya bersama instansi terkait akan melakukan evaluasi terutama di sisi keselamatan dan kelancaran arus lalu lintas.

Hanung menyampaikan pembangunan Jalan Layang Ganefo dibiayai oleh APBD Provinsi Jawa Tengah dengan sistem tahun jamak 2020, 2021 dan 2022, serta anggaran yang dikucurkan mencapai Rp 109,03 miliar.

Jalan Layang Genefo Mranggen Demak diujicobakan hari ini. Kapan dioperasikan untuk umum?
Sumber antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia