Tol Semarang-Demak Seksi II Hampir Selesai, Kapan Dioperasikan?

Senin, 26 September 2022 – 02:20 WIB
Tol Semarang-Demak Seksi II Hampir Selesai, Kapan Dioperasikan? - JPNN.com Jateng
Foto udara sejumlah kendaraan pemudik melintas dari arah Semarang menuju Jakarta di Jembatan Kalikuto Tol Trans Jawa, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Jumat (6/5/2022). ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra/nym.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Pembangunan konstruksi Tol Semarang-Demak Seksi II sudah mencapai 93 persen dan akan dilanjutkan dengan tahapan uji layak fungsi hingga dua bulan ke depan.

"Capaian per 22 September 2022 sudah 93 persen, sedangkan targetnya selesai pada 28 Oktober 2022," kata Direktur Utama PT Pembangunan Perumahan (Persero) Semarang-Demak Siswantono, Minggu (25/9).

Dia menyebutkan pada tahapan uji layak fungsi akan dilakukan pengecekan oleh tiga instansi, yakni Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Ditjen Bina Marga, dan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Kementerian Perhubungan, dan jajaran kepolisian.

Menurutnya, Kementerian PUPR, Bina Marga, dan BPJT akan mengecek keamanan dari konstruksi, struktur, timbunan, jembatan, parapet, aspal, dan lainnya.

"Semuanya yang bersifat struktur, akan dicek satu per satu, termasuk soal saluran apakah menimbulkan genangan atau tidak, itu dicek," ujarnya.

Dia menjelaskan Kementerian Perhubungan akan mengecek rambu, marka, dan reflektor cahaya, sedangkan dari Satlantas akan mengecek keamanan bagi pengendara.

"Nanti kalau pengendara dalam kecepatan seperti ini, kira-kira beloknya itu aman apa tidak. Kira-kira akan nabrak apa tidak," katanya.

Menurut dia, pengecekan hal-hal tersebut memerlukan waktu cukup lama karena dicek satu per satu.

Update, pembangunan Tol Semarang-Demak ternyata sudah hampir selesai. Pengoperasiannya tinggal menunggu hal ini.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News