Antisipasi Krisis Pangan, Gus Yasin Ajak Mahasiwa Kembangkan Sektor Pertanian

Selasa, 04 Oktober 2022 – 21:59 WIB
Antisipasi Krisis Pangan, Gus Yasin Ajak Mahasiwa Kembangkan Sektor Pertanian - JPNN.com Jateng
Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen. (ANTARA/HO-Humas Pemprov Jateng)

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen mengajak mahasiswa mengembangkan sektor pertanian sebagai upaya mengantisipasi krisis pangan.

Menurutnya, hasil pertanian bisa buat cadangan makanan untuk keluarga, bahkan juga bisa menjadi pemasukan utama.

Pria yang akrab disapa Gus Yasin itu menyebut pertanian sekarang tidak selalu identik dengan kebutuhan lahan yang luas karena di pekarangan rumah pun dapat menjadi tempat bercocok tanam.

"Banyak lo saat ini yang berbisnis memulai pertanian-pertanian di lahan-lahan pekarangan. Dindingnya dibikin bertingkat, ada kubis, macam-macam," ujarnya di Semarang, Selasa (4/10).

Gus Yasin meminta mahasiswa untuk berpikir kritis memecahkan berbagai persoalan pertanian.

Di antara persoalan tersebut, kata dia, seperti cara menyiasati agar harga komoditas pertanian tidak anjlok saat panen raya dan membangun jejaring dengan para pemangku kepentingan bidang pertanian.

Menurutnya, pertanian merupakan sektor strategis yang berkaitan dengan ketahanan pangan pada suatu daerah atau negara.

"Salah satu ketahanan kita adalah ya pertanian, dan itu menjadi fondasi bagaimana kekuatan negara itu diuji. Perang Ukrania-Rusia menimbulkan krisis pangan di negara-negara yang biasa mendapatkan pasokan komoditas pertanian, dari kedua negara yang berperang," katanya.

Wagub Jateng Gus Yasin mengajak mahasiswa untuk lebih sadar terkait persoalan pertanian untuk mengantisipasi krisis pangan.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News