Gus Yasin Usul Pengawasan Sertifikasi Halal, Industri Daging Silakan Bersiap

Senin, 03 Oktober 2022 – 15:00 WIB
Gus Yasin Usul Pengawasan Sertifikasi Halal, Industri Daging Silakan Bersiap - JPNN.com Jateng
Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen akrap disapa Gus Yasin. Foto: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen mengusulkan adanya pengawasan sertifikasi halal bagi industri daging di provinsi tersebut.

Menurutnya, hal tersebut penting guna memastikan proses penyembelihan hewan ternak maupun unggas sudah sesuai dengan aturan yang ditetapkan.

"Pengawasan terhadap industri maupun lembaga ekonomi yang kebetulan memiliki label halal ini perlu ada dewan pengawas yang disertakan menjadi salah satu syarat," kata wagub yang akrab disapa Gus Yasin itu, Senin (3/10).

Gus Yasin juga mengusulkan perlunya pengawasan terhadap sarana prasarana yang dimiliki oleh setiap tempat pemotongan.

Apabila usulan tersebut disetujui atau dikaji lebih jauh, Pemprov Jateng siap menindaklanjuti dengan menggelar pelatihan pengawasan yang diberikan kepada para juru sembelih halal (juleha).

"Kami siap untuk meningkatkan lagi (pelatihan bagi) yang kemarin kami latih jadi juleha. Kami tingkatkan bukan hanya menjadi juru sembelih, tetapi juga sekaligus pengawas bagaimana regulasi di RPH, RPU, RPA di Jateng yang kebetulan saat ini memiliki sertifikat halal," ujarnya.

Wagub juga segera melapor ke Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengenai wacana pembentukan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS).

Komite tersebut, lanjut dia, nantinya bisa berperan aktif mewujudkan perekonomian syariah di daerah setempat.

Gus Yasin mengusulkan kepada Ganjar Pranowo supaya industri daging memiliki pengawasan sertifikasi halal.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News