Naskah Kuno Pura Mangkunegaran Bakal Diterjemahkan ke Berbagai Bahasa Asing

Jumat, 07 Oktober 2022 – 21:14 WIB
Naskah Kuno Pura Mangkunegaran Bakal Diterjemahkan ke Berbagai Bahasa Asing - JPNN.com Jateng
Pura Mangkunegaran Surakarta. ANTARA/Aris Wasita

jateng.jpnn.com, SOLO - Arsip naskah kuno Pura Mangkunegaran yang ditulis menggunakan Bahasa Jawa akan diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa asing.

Naskah tersebut bakal diterjamahkan ke dalam Bahasa Belanda, Inggris, Jerman, dan negara lainya.

Hal tersebut dilakukan menyusul adanya penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Pura Mangkunegaran dengan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret (FIB-UNS) di Gedung Suharno, FIB UNS, Jumat (7/10) pagi.

Selain melakukan alih bahasa, dalam kerjasama tersebut juga akan dilakkan penelitian sekaligus pengabdian.

Kepala Prodi (Kaprodi) Ilmu Sejarah FIB UNS Dr Susanto mengatakan kerja sama tersebut akan melibatkan akademisi dari Program Studi Ilmu Sejarah FIB UNS. Mereka akan pro-aktif dalam melaksanakan isi kerja sama, termasuk rencananya dalam membangun pusat studi kebudayaan di Pura Mangkunegaran.

"Kami akan jadi pelopor untuk mengenalkan (Mangkunegaran) ke pihak luar. Itu dilakukan dalam rangka perjanjian ini," papar Susanto.

Pada waktu mendatang, pihaknya juga akan melakukan pengembangan di bidang-bidang lain, di luar tiga bidang pokok tersebut. Salah satunya, dengan menyiapkan sumber daya manusia (SDM) dalam pengembangan even seperti pameran di Pura Mangkunegaran.

"Tidak menutup kemungkinan kerja sama di bidang lain seperti pameran, kemudian membantu SDM di sini untuk Mangkunegaran, kemungkinan tahun depan akan ada Pangetan Adeging Mangkunegaran (Peringatan Berdirinya Mangkunegaran)," pungkasnya.

Arsip Naskah Pura Mangkunegaran Segera Dialihbahasakan Ke Dalam Banyak Bahasa
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News