Ganjar Siap Kirim Mobil Pompa ke Daerah Banjir & Rob di Jawa Tengah

Jumat, 14 Oktober 2022 – 19:25 WIB
Ganjar Siap Kirim Mobil Pompa ke Daerah Banjir & Rob di Jawa Tengah - JPNN.com Jateng
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengecek mobil pompa. Foto: Humas Pemprov Jateng

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah menyatakan lima buah mobil pompa disiapkan untuk menghadapi bencana hidrometeorologi.

Lima buah mobil pompa yang baru saja dibeli itu akan disebar ke sejumlah daerah rawan banjir atau rob, di antaranya Pekalongan, Tegal, Semarang, hingga Kudus.

Dalam Apel Kesiapsiagaan Menghadapi Ancaman Bencana di Jawa Tengah pada Musim Penghujan 2022-2023, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo optimistis keseluruhan pompa dapat berfungsi normal.

"Kemarin kami baru pengadaan. Ini (mobil) pompanya. Masih baru jadi skrupnya dipasang sendiri," kata Ganjar saat mengecek kondisi mobil pompa yang dipamerkan saat apel di halaman kantor Pemprov Jawa Tengah, Jumat (14/10).

Menurutnya, keberadaan mobil pompa tersebut dapat  membantu penanganan atau mengatasi banjir di sejumlah daerah Jawa Tengah.

"Peralatan ini kita adakan karena melihat pengalaman sebelumnya. Peralatannya bisa membantu, meskipun masyarakat juga harus disiapkan," tuturnya.

Ganjar menyebut seluruh pompa air dipastikan dalam kondisi menyala, termasuk seluruh petugas pompa memastikan mesin berfungsi maksimal.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air dan Penataan Ruang (Pusdataru) Provinsi Jawa Tengah, Eko Yunianto menyebut tiap mobil pompa memiliki kapasitas 250 liter per detik.

Ganjar Pranowo bakal mengirim mobil pompa ke daerah yang rawan banjir dan rob di Jawa Tengah.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News