Peringati Hari Sumpah Pemuda 2022, SMK Muhammadiyah 5 Surakarta Gelar Pertunjukan Budaya dan Tradisi

Sabtu, 29 Oktober 2022 – 23:12 WIB
Peringati Hari Sumpah Pemuda 2022, SMK Muhammadiyah 5 Surakarta Gelar Pertunjukan Budaya dan Tradisi - JPNN.com Jateng
Peringati Hari Sumpah Pemuda 2022, SMK Muhammadiyah 5 Surakarta Gelar Pertunjukan Budaya dan Tradisi. Foto: Romensy Augustino/JPNN.com

jateng.jpnn.com, SOLO - Peringatan Hari Sumpah Pemuda 2022 di SMK Muhammadiyah 5 Surakarta, Jumat (28/10) diisi dengan berbagai pertunjukan dari puluhan siswa. Para siswa dari kelas 10 hingga 12 secara bergantian menunjukkan karyanya.

Khusus untuk kelas 10 karya yang dipertunjukkan adalah hasil dari keikutsertaan mereka dalam program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Mengangkat tema 'Kearifan Lokal Melestarikan Tradisi dan Budaya Surakarta', ada 6 kelompok dari kelas tersebut yang berpartisipasi.

Keenam kelompok itu mempresentasikan inovasi batik, pemanfaatan kain perca, pembuatan dawet selasih, pembuatan wayang batik, pegelaran Tari Loro Boyo dan pertunjukan tari kreasi.

Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 5 Surakarta, Ernawati menerangkan, program P5 adalah penguatan profil Pancasila serta merupakan implementasi dari kurikulum mandiri.

P5 diharapkan mampu menumbuhkan kreativitas dan mental anak-anak supaya tumbuh keinginan untuk berinovasi. Karena dalam penerapan implementasi P5 para siswa diberikan kebebasan untuk memilih dan mengembangkan produk secara mandiri.

"Kalau anak SMK kan itu kan dunianya bukan hanya teori, banyak keterampilan yang harus mereka kuasai walaupun jurusan di sini hanya tata busana," bebernya di SMK Muhammadiyah 5 Surakarta.

Ernawati mengungkapkan, pihaknya masih akan menggelar dua event lanjutan untuk menyelesaikan program P5. Setelah mengangkat tema kearifan lokal, event kedua dan ketiga direncanakan akan mengangkat tema kebekerjaan serta bangun jiwa raga.

Memperingati Hari Sumpah Pemuda 2022, SMK Muhammadiyah 5 Surakarta menggelar pertunjukan budaya dan tradisi.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News