Kunjungi Solo, Ridwan Kamil Ditantang Maju Bareng Ganjar di Pilpres 2024

Sabtu, 29 Oktober 2022 – 23:05 WIB
Kunjungi Solo, Ridwan Kamil Ditantang Maju Bareng Ganjar di Pilpres 2024 - JPNN.com Jateng
Ridwan Kamil saat berkunjung ke Solo. Foto: Romensy Augistino/JPNN.com

jateng.jpnn.com, SOLO - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tengah melakukan beberapa kegiatan di Kota Solo. Pada Jumat (28/10) malam, dia hadir dalam acara Y20 di Pura Mangkunegaran.

Emil hadir bersama Gubernur Jawa Tenga Ganjar Pranowo dan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka. Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, menyampaikan materi soal kepemudaan berdasarkan pengalamannya memimpin daerah selama 9 tahun.

Sore harinya, pria yang akrab disapa Kang Emil itu menyempatkan bertemu dan berdiskusi bersama puluhan pelajar dan mahasiswa Kota Solo di Kulo Nuwun Kopi. Dalam diskusinya, Kang Emil berpesan agar para pemuda menghindari pertengkaran.

"Pesan saya bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, jangan suka bertengkar. Jangan suka membesarkan perbedaan. Jadilah golongan yang membesarkan persamaan. Kalau membesarkan perbedaan, pasti bisa jadi sumber pertengkaran. Nah, kalau tidak suka bertengkar, inshaallah 2024 nanti kondusif. Damai. Siapa pun pemimpinnya, sudah Allah tentukan. Yang penting kita ikhtiar dengan cara tidak bertengkar," kata dia.

Kunjungannya ke Kota Solo ini bukankah yang pertama, Kang Emil mengaku senang melihat wajah-wajah pemuda Kota Solo yang penuh optimistis. Dirinya bahkan menyebut sesuai survey, Indonesia menduduki urutan teratas yang memiliki pemuda paling optimistis sedunia.

"Karena kita ekonomi terjaga, masuk dalam negara G20. Selain itu, Indonesia juga negara paling baik hati sedunia. Skornya 68 persen. Berikutnya, Indonesia juga jadi negara yang sumber energi berlimpah sedunia. Kesimpulannya, optimistis lah para pemuda. Kalian sedang menjemput masa depan Indonesia yang keren," sambungnya.

Kang Emil juga mengapresiasi arsitektur Kota Solo di bawah kepemimpinan Gibran. Dia memberi nilai 8,5 untuk tata kota Solo. Menurutnya, Kota Solo sekarang lebih keren.

"Saya akui infrastruktur lebih keren, lebih nyaman. Bikin betah. Karena ciri kota itu harus bikin betah. Saya lihat feeling membuat betah itu luar biasa. Pedestriannya nyaman," pungkasnya.

Begini jawaban Ridwan Kamil ketika ditantang maju bersama Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News