Ketua Bawaslu Demak Minta Panwaslucam Jaga Kepercayaan Publik

Senin, 21 November 2022 – 15:25 WIB
Ketua Bawaslu Demak Minta Panwaslucam Jaga Kepercayaan Publik - JPNN.com Jateng
Ketua Bawaslu Demak Khoirul Saleh saat memberikan sambutan dalam acara fasilitasi penyelenggaraan pemilu "Penanganan Pelanggaran dan Verifikasi Faktual di Reinz Cafe and Resto, Senin (21/11/2022). Foto: Humas Bawaslu Demak

jateng.jpnn.com, DEMAK - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Demak, Jawa Tengah, menggelar kegiatan fasilitasi penyelenggaraan pemilu "Penanganan Pelanggaran dan Verifikasi Faktual di Reinz Cafe and Resto, Senin (21/11/2022).

Acara tersebut diikuti 42 panitia pengawas pemilu kecamatan (panwaslucam) dengan narasumber Dosen Universitas 17 Agustus (Untag) Semarang Edi Pranoto dan Adi Setiawan dari Kejari Demak.

Ketua Bawaslu Demak Khoirul Saleh menekankan pengawas pemilu harus menjaga kepercayaan publik. Selama ini, kata dia, peserta pemilu, masyarakat, dan seluruh pemangku kepentingan, perhatian dan kepercayaannya sangat baik kepada Bawaslu Demak.

"Ini (kepercayaan publik) harus terus dijaga dan ditingkatkan," kata Khoirul.

Menurutnya, penyelenggaraan Pemilu 2024 bisa menjadi yang cukup rumit. Dia mencontohkan jika di pemilihan presiden (pilpres) hanya ada dua pasangan calon maka itu artinya antara jadi dan tidak.

Karenanya, lanjut Khoirul, kedua pasangan calon akan berusaha semaksimal mungkin menggunakan berbagai cara untuk memenangkan kontestasi sehingga potensi pelanggaran akan cukup tinggi.

Dia menjelaskan jika pasangan calon di Pilpres 2024 lebih dari 2 maka kemungkinan kontestasi di putaran kedua akan digelar pada 26 Juni 2024.

"Itu tentu bebarengan dengan kegiatan pilkada untuk pemilihan gubernur, bupati, dan wali kota, sehinga pengawasan akan padat sekali," ujarnya.

Ketua Bawaslu Demak meminta 42 anggota panwaslucam bisa menjaga kepercayaan publik terhadap penyelenggaraan pemilu.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News