Sungai Lusi Grobogan Meluap, 37 Rumah Terdampak

Jumat, 02 Desember 2022 – 20:20 WIB
Sungai Lusi Grobogan Meluap, 37 Rumah Terdampak - JPNN.com Jateng
Bantuan penyeberangan bagi warga yang hendak berangkat ke sekolah maupun aktivitas kerja karena akses jalan tergenang banjir, Jumat (2/12/2022). .ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif.

jateng.jpnn.com, GROBOGAN - Puluhan rumah di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, terendam banjir akibat meluapnya Sungai Lusi, Jumat (2/12).

Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Grobogan Masrikan mengatakan Sungai Lusi meluap menyusul tingginya curah hujan.

"Banjir terjadi di beberapa desa yang tersebar di sejumlah kecamatan, seperti Kecamatan Tawangharjo, Kecamatan Purwodadi dan Kecamatan Grobogan," ujarnya.

Jumlah desa yang terdampak banjir, kata dia, untuk sementara ada enam desa, yakni di Kecamatan Purwodadi ada tiga desa, yakni Desa Kedungrejo, Karanganyar dan Desa Nglobar.

Untu di Kecamatan Tawangharjo ada dua desa, yakni Desa Jono dan Desa Mayahan serta di Kecamatan Grobogan hanya terjadi di Desa Rejosari.

Ketinggian genangan banjir masing-masing desa berbeda-beda karena ada yang mencapai 70 sentimeter untuk di permukiman, sedangkan di areal persawahan bisa mencapai 1,5 meter.

Banjir tersebut, kata dia, mulai terjadi pada Jumat sekitar pukul 06.00 WIB yang merupakan banjir musiman dan terjadi apabila hujan turun dengan intensitas tinggi, kemudian debit air di Sungai Lusi akan melonjak hingga meluap dan mengakibatkan banjir.

Rumah yang tergenang banjir untuk saat ini tercatat ada 37 rumah yang tersebar di Desa Jono, Karanganyar, Nglobar dan Wayahan.

Sungai Lusi Grobogan meluap disebabkan curah hujan yang tinggi. Akibatnya, puluhan rumah di 6 desa tergenang banjir.
Sumber antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News