Pernikahan Kaesang-Erina, Keluarga Jokowi Minta Gamelan ISI Solo Bawakan Lagu Ini

Sabtu, 03 Desember 2022 – 23:48 WIB
Pernikahan Kaesang-Erina, Keluarga Jokowi Minta Gamelan ISI Solo Bawakan Lagu Ini - JPNN.com Jateng
Kelompok Gamelan ISI Surakarta saat sedang melakukan latihan di Gedung Tari, Jumat (2/12) siang. Foto: Romensy Augustino/JPNN

jateng.jpnn.com, SOLO - Kelompok Gamelan Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta akan mengiringi pesta pernikahan ngunduh mantu pernikahan putra Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, Minggu (11/12).

Sebanyak 2 kelompok gamelan telah disiapkan untuk pentas di Lodji Gandrung dan Pura Mangkunegaran.

"Persiapan kami sudah 90 persen untuk mentas di acara ngunduh mantu Kaesang dan Erina," ujar Koordinator Pentas Seni ISI Solo, Guntur Sulistiyono, Jumat (2/12) sore.

Guntur menjelaskan, pihaknya telah melakukan persiapan dalam seulan terakhir. Kelompoknya hanya perlu sekali latihan agar siap tampil.

"Permintaan gendhing dari keluarga untuk gending yang dimainkan saat di Pura Mangkunegaran itu seperti lagu Ojo Dibandingke," katanya.

Selain itu ada pula Gendhing Kinanti, Maskumambang dan Ibu Pertiwi untuk mengiringi Presiden Jokowi dan Ibu Iriana saat turun dari kereta kencana di Pura Mangkunegaran.

"Kami tetap mengacu pada tradisi, cuma ada syair yang diganti. Jadi, tidak menghilangkan tradisinya. Itu memang permintaan dari keluarga," ujarnya.

Guntur menambahkan ada sekitar 44 personil yang akan tampil, 24 orang di Pura Mangkunegaran dan 20 orang di Loji Gandrung. Mereka terdiri dari dosen, mahasiswa, dan Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP).

Keluarga Jokowi meminta lagu khusus kepada Gamelan ISI Solo saat tasyakuran pernikahan Kaesang-Erina.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News