Kelompok Gamelan ISI Solo Akan Bawakan Tembang Khusus untuk Pernikahan Kaesang-Erina

Sabtu, 03 Desember 2022 – 23:22 WIB
Kelompok Gamelan ISI Solo Akan Bawakan Tembang Khusus untuk Pernikahan Kaesang-Erina - JPNN.com Jateng
Kelompok Gamelan ISI Surakarta saat sedang melakukan latihan di Gedung Tari, Jumat (2/12) siang. Foto: Romensy Augustino/JPNN

jateng.jpnn.com, SOLO - Pesta Ngunduh Mantu putra Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, akan terselenggara di dua tempat, yakni Lodji Gandrung dan Pura Mangkunegaran, Minggu (11/12).

Kelompok Gamelan ISI Surakarta yang ditunjuk sebagai pengiring acara telah mempersiapkan tembang khusus untuk mempelai pria, Kaesang Pangarep.

Koordinator Koordinator Pentas Seni ISI Solo, Guntur Sulistiyono mengungkapkan bahwa nama Kaesang sebagai pemilik tim Persis Solo akan ada dalam syair tembang yang dipentaskan.

"Nanti akan ada syair tertentu yang menyebutkan Mas Kaesang bos Persis Solo. Saya cari kata-kata yang mudah biar tidak repot. Itu gagasan sendiri saja," katanya.

Terkait konsep, Guntur menjelaskan acara inti atau acara adat Ngunduh Mantu diselenggarakan di Loji Gandrung. Gendhingnya sesuai dengan tradisi Boyong Basuki.

"Ada lagi mungkin Gendhing Panembromo untuk yang pasrah dan panampi. Itu yang biasa pidato kami ganti dengan tembang dan palaran," jelasnya.

Sedangkan di Pura Mangkunegaran, lanjut Guntur akan disajikan pentas Karawitan yang gunanya untuk senang-senang.

"Mangkunegaran memang khusus untuk senang-senang atau santai bukan acara ini," beber dia.

Kelompok Gamelan ISI Surakarta yang ditunjuk sebagai pengiring acara telah mempersiapkan tembang khusus untuk pernikahan Kaesang dan Erina Gudono.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News