Perairan Selatan Jateng-DIY Harap Waspada, BMKG Keluarkan Peringatan Dini

Sabtu, 10 Desember 2022 – 19:02 WIB
Perairan Selatan Jateng-DIY Harap Waspada, BMKG Keluarkan Peringatan Dini - JPNN.com Jateng
Ilustrasi - Gelombang tinggi. ANTARA/Ahmad Fikri

jateng.jpnn.com, CILACAP - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berpotensi terjadi di wilayah perairan selatan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tinggi gelombang di perairan selatan Cilacap, perairan selatan Kebumen, perairan selatan Purworejo, dan perairan selatan Yogyakarta diprakirakan berkisar 2,5 meter hingga empat meter atau masuk kategori tinggi.

Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap Teguh Wardoyo mengatakan tinggi gelombang 2,5-4 meter juga berpotensi terjadi di Samudra Hindia selatan Sukabumi, Samudra Hindia selatan Cianjur, Samudra Hindia selatan Garut, Samudra Hindia selatan Tasikmalaya, dan Samudra Hindia selatan Pangandaran.

"Tinggi gelombang 2,5-4 meter juga berpotensi di Samudra Hindia selatan Cilacap, Samudra Hindia selatan Kebumen, Samudra Hindia selatan Purworejo, dan Samudra Hindia selatan Yogyakarta," katanya, Sabtu (10/12).

Teguh mengatakan peningkatan tinggi gelombang tersebut dipicu oleh pola angin di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari tenggara-barat daya dengan kecepatan angin berkisar 5-20 knot.

"Arah gerak angin yang cenderung searah dengan kecepatan tinggi memicu terjadinya peningkatan tinggi gelombang laut," ucapnya.

Pihaknya pada Sabtu ini mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berlaku hingga Minggu (11/12) dan akan segera diperbarui jika ada perkembangan lebih lanjut.

Ia mengimbau para pengguna jasa kelautan untuk memerhatikan risiko tinggi gelombang terhadap keselamatan pelayaran.

BMKG mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi di perairan selatan Jateng-DIY. Warga pesisir harap bersiap.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News