Ganjar Bicara Soal Kondisi Pegunungan Kendeng Seusai Pati Diterjang Banjir

Rabu, 07 Desember 2022 – 20:05 WIB
Ganjar Bicara Soal Kondisi Pegunungan Kendeng Seusai Pati Diterjang Banjir - JPNN.com Jateng
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo seusai mengunjungi Desa Sinomwidodo, Kecamatan Tambakromo, Rabu (7/12). FOTO: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, PATI - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo turun tangan menginstruksikan upaya reboisasi pascabanjir yang melanda sejumlah kecamatan di Kabupaten Pati.

Ganjar menyatakan banjir bandang itu ternyata disebabkan pengelolaan hutan di Pegunungan Kendeng yang tak maksimal.

"Tadi dapat masukan dari teman-teman di desa ternyata ini hulunya di Kendeng," kata Ganjar seusai mengunjungi Desa Sinomwidodo, Kecamatan Tambakromo, Rabu (7/12).

Desa tersebut menjadi salah satu yang terdampak parah banjir pada Jum’at (26/11) lalu. Laporan dari warga, banjir pernah terjadi sebelumnya namun tak setinggi kejadian terakhir.

Ganjar menjelaskan ada perhutanan sosial yang dikelola tidak dengan baik. Sehingga tidak ada tanaman atau pohon yang fungsinya menyangga air.

"Kita musti reboisasi yang ada di sana. Nanti kita siapkan, kita tanami saja," ujarnya.

Daerah tersebut, kata Ganjar, harus menjadi kawasan konservasi. Kejadian serupa bisa terulang jika kawasan itu tak segera dikonservasi.

"Ini yang dirasakan di sini. Maka ini serius mumpung masih ada waktunya kita coba nanti bantu untuk bibit agar bisa kita tanami dengan waktu yang cepat," ujarnya.

Ganjar Pranowo mengatakan harua ada upaya reboisasi di Pegunungan Kendeng pascabanjir yang melanda sejumlah kecamatan di Kabupaten Pati.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News