Tanggul Sungai Kaliombo Pati Jebol, Banjir Terjang Ratusan Rumah

Jumat, 16 Desember 2022 – 15:00 WIB
Tanggul Sungai Kaliombo Pati Jebol, Banjir Terjang Ratusan Rumah - JPNN.com Jateng
Sejumlah warga tengah memperbaiki tanggul Sungai Kaliombo Desa Ketitang Wetan, Kecamatan Batangan, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, yang jebol sepanjang 10 meteran akibat tidak mampu menahan debit air yang meningkat menyusun terjadinya hujan dengan intensitas tinggi, Jumat (16/12/2022). (ANTARA/HO-Dok.)

jateng.jpnn.com, PATI - Kabupaten Pati, Jawa Tengah, kembali dilanda banjir dengan ketinggian sekitar 70 sentimeter, Jumat (16/12/2022).

Banjir terjadi seusai tanggul Sungai Kaliombo Desa Ketitang Wetan, Kecamatan Batangan, jebol sepanjang 10 meteran akibat tidak mampu menahan debit air yang meningkat menyusun terjadinya hujan dengan intensitas tinggi.

Menurut Sekretaris Desa Ketitang Wetan Ismail, jebolnya tanggul Sungai Kaliombo selebar 10 meter pada Jumat (16/12) dini hari, salah satu penyebabnya karena air dari Pegunungan Kendeng langsung turun ke bawah tanpa bisa terserap oleh pohon penghijauan karena vegetasinya yang berkurang.

"Akibatnya, debit air yang terlalu tinggi mengakibatkan tanggul sungai tidak mampu menahannya sehingga tanggul jebol sepanjang 10 meteran," katanya.

Dia menambahkan rumah warga juga terendam banjir diperkirakan seratusan lebih. Ketinggian genangan banjir, imbuh dia, diperkirakan antara 50-70 cm.

Ismai mengatakan hingga saat ini warga setempat masih berusaha membuat tanggul darurat, meski harus menerjang banjir.

Warga berharap banyaknya sejumlah titik tanggul rawan jebol menjadi perhatian baik pemerintah setempat maupun Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana.

Pemkab Pati juga sudah menginisiasi penghijauan di Pegunungan Kendeng dengan melakukan penanaman 5.000 bibit pohon di kawasan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Tambakromo Pati sebagai upaya meminimalkan dampak bencana banjir.(antara/jpnn)

Kabupaten Pati, Jawa Tengah, kembali dilanda banjir dengan ketinggian sekitar 70 sentimeter. Warga masih berjuang.

Redaktur & Reporter : Sigit Aulia Firdaus

Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News