Di Hadapan Kepala Desa se-Kabupaten Pati, Ganjar: Stop Pungli!

Rabu, 07 Desember 2022 – 23:50 WIB
Di Hadapan Kepala Desa se-Kabupaten Pati, Ganjar: Stop Pungli! - JPNN.com Jateng
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menempelkan stiker antikorupsi di sepeda motor petinggi Kabupaten Pati. FOTO: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, PATI - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kembali menggaungkan antikorupsi. Dia menempelkan stiker STOP PUNGLI pada sepeda motor dinas para kepala desa se Kabupaten Pati.

Ganjar menantang seluruh kepala desa di Kabupaten Pati mewujudkan desa antikorupsi. Ada 400 petinggi, nama lain kepala desa itu ditantang dapat sungguh-sungguh menerapkan antikorupsi di desa masing-masing. Dia menyebut sudah ada contohnya yang tinggal ditiru dan dijalankan.

"Di Jawa Tengah kades yang baik berintegritas berprestasi inovatif itu lebih banyak. Tapi satu dua kades mbeling, itu semua kena,” kata Ganjar saat memberi arahan Penyuluhan Antikorupsi sebagai Upaya Mencegah Korupsi dari Desa, di Pendopo Kabupaten Pati, Rabu (7/12).

Ganjar mengaku senang tiap kali bertemu dengan kepala desa. Apalagi jika kepala desa tersebut paham dengan kondisi masyarakatnya. Ganjar mengartikan kades itu benar-benar peduli dengan desanya.

Menurutnya kepala desa akan selalu jadi pilihan masyarakat tanpa perlu berpikir politik uang. Jika itu terjadi, tidak menutup kemungkinan di kemudian hari saat menjabat akan melakukan tindak korupsi mau pun gratifikasi.

"Gratifikasi itu terima hadiah, karena mungkin ada kepentingan. Bagaimana cara mengelolanya? Laporkan," katanya seusai acara.

Dia menjelaskan cara lainnya dengan melaporkan langsung ke unit pengelola gratifikasi di KPK. Untuk mewujudkan itu, kepala desa harus dibimbing dan didorong mulai dari bupati dan Forkopimdanya.

"Intinya apa? Agar pelayanan publiknya bagus, transparan dan akuntabel. Semangat ini oleh Pak Bupati didorong sampai ke desa," ujarnya.

Ganjar mengajak seluruh kepala desa di Kabupaten Pati untuk stop pungli dan mewujudkan desa antikorupsi.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News