Cuaca Ekstrem di Jawa Tengah Akan Terjadi Selama 3 Hari, Berikut Sebarannya

Selasa, 27 Desember 2022 – 14:59 WIB
Cuaca Ekstrem di Jawa Tengah Akan Terjadi Selama 3 Hari, Berikut Sebarannya - JPNN.com Jateng
Ilustrasi - Cuaca ekstrem bakal melanda Jawa Tengah selama tiga hari. Foto: ANTARA/Aprionis

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi Jawa Tengah bakal dilanda cuaca ekstrem selama 3 hari, mulai 28-30 Desember 2022.

Kepala Kelompok Teknisi BMKG Slamet Tunggul Wulung Cilacap Teguh Wardoyo mengatakan cuaca ekstrem tersebut dikarenakan ada pertemuan massa udara dingin dari Asia dengan massa udara panas dari Australia.

"Pertemuan massa udara dingin tersebut akan meningkatkan pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia termasuk Jateng," katanya, Selasa (27/12).

Dia menjelaskan daerah konvergensi juga terpantau memanjang dari Selat Malaka hingga Riau, dari Samudera Hindia selatan Banten hingga Jawa Timur, di Laut Jawa, di Laut Bali, dari Selat Sunda hingga Jawa barat.

"Berdasarkan kondisi tersebut, potensi curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang diprakirakan berpotensi terjadi di sejumlah wilayah Jateng pada tanggal 28-30 Desember 2022," ujarnya.

Berikut sebaran cuaca ekstrem yang bakal melanda beberapa wilayah di Jawa Tengah:

Rabu, 28 Desember 2022

Kabupaten Banjarnegara, Batang, Blora, Boyolali, Demak, Grobogan, Jepara, Karanganyar, Kebumen, Kendal, Klaten, Kudus, Kabupaten/Kota Magelang, Pati, Kabupaten/Kota Pekalongan, Pemalang, Purworejo, Rembang, Salatiga, Kabupaten/Kota Semarang, Sragen, Sukoharjo, Kabupaten Tegal, Temanggung, Wonogiri, Wonosobo, dan sekitarnya.

BMKG mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi terjadinya cuaca ekstrem di sejumlah wilayah Jawa Tengah (Jateng) pada tanggal 28-30 Desember 2022.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News