Banjir & Rob Memaksa Tol Semarang-Demak Seksi 1 Didesain Ulang

Rabu, 04 Januari 2023 – 04:00 WIB
Banjir & Rob Memaksa Tol Semarang-Demak Seksi 1 Didesain Ulang - JPNN.com Jateng
Jalan raya di daerah Kaligawe, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah, tergenang pada Selasa (3/1/2023), setelah hujan dengan intensitas tinggi mengguyur daerah itu. (ANTARA/Wisnu Adhi)

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan pihaknya akan mendesain ulang Tol Semarang-Demak Seksi 1 Ruas Kaligawe-Sayung.

Menurutnya, hal tersebut terpaksa dilakukan untuk mengatasi dampak banjir yang sering terjadi di daerah itu.

"Kami re-design jalan tol untuk tangani banjir dan rob. Kontrak sudah ada, dan penyedia jasanya (juga). Tahun ini mulai dikerjakan," katanya, saat mengecek penanganan banjir di Rumah Pompa Kali Sringin, Kota Semarang, Selasa (3/1).

"Jalan tol akan kami tinggikan, jalan di bawah juga akan ditinggikan sehingga di bawahnya tidak tergenang lagi," dia menambahkan.

Menteri Basuki menyebut pengerjaan peninggian bagian Jalan Tol Semarang-Demak diperkirakan membutuhkan waktu sekitar enam bulan.

Rencananya, kata dia, pengerjaan tersebut bakal dilakukan setelah Hari Raya Idul Fitri 2023 agar tidak mengganggu lalu lintas kendaraan semasa mudik.

"Jadi, hasil koordinasi dengan Korlantas dan Dishub diminta pengerjaan setelah Hari Raya sehingga pada musim hujan tahun depan diharapkan tidak ada banjir," katanya.

Sementara itu, guna mengatasi banjir yang masih melanda bagian wilayah Kota Semarang, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mendatangkan bantuan pompa untuk menyedot genangan di daerah Kaligawe.

Tol Semarang-Demak Sesi 1 terpaksa didesain ulang untuk mengatasi dampak banjir dan rob yang sering melanda daerah tersebut.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News