BMKG Sampaikan Kabar Baik, Warga Jateng Selatan Bisa Lebih Tenang

Kamis, 05 Januari 2023 – 02:30 WIB
BMKG Sampaikan Kabar Baik, Warga Jateng Selatan Bisa Lebih Tenang - JPNN.com Jateng
Peta prakiraan puncak musim hujan tahun 2022-2023 di wilayah Jawa Tengah khususnya Kabupaten Cilacap. ANTARA/HO-BMKG

jateng.jpnn.com, CILACAP - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan kabar baik untuk warga Jawa Tengah bagian selatan.

Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi (Stamet) Tunggul Wulung Cilacap Teguh Wardoyo memprakirakan bahwa sebagian Jateng selatan, khususnya Kabupaten Cilacap bagian selatan, telah melewati puncak musim hujan tahun 2022-2023.

"Prakiraan puncak musim hujan untuk Jateng selatan secara umum masih mengacu pada prakiraan puncak musim hujan yang dirilis BMKG Semarang, belum ada update untuk Jateng selatan," katanya, Rabu (1/4).

Berdasarkan prakiraan puncak musim hujan 2022-2023 yang dirilis sebelumnya, puncak musim hujan di sebagian besar wilayah Jateng selatan dan sebagian wilayah pegunungan tengah Jateng diprakirakan pada November-Desember 2022 dan beberapa wilayah pada Januari-Februari 2023.

Akan tetapi, pihaknya belum bisa memastikan apakah wilayah Jateng selatan secara umum telah melewati puncak musim hujan mengingat cuaca ekstrem masih berpotensi di Jawa Tengah.

"Kami masih menunggu update data dari BMKG Semarang terkait dengan puncak musim hujan wilayah Jateng selatan, apakah sesuai dengan prakiraan ataukah mengalami pergeseran," katanya.

Kendati demikian, dia mengatakan khusus untuk wilayah Kabupaten Cilacap bagian selatan, puncak musim hujan sudah berlangsung pada November 2022.

Hal tersebut diketahui dari data curah hujan November 2022 di Kabupaten Cilacap bagian selatan yang tercatat di Stamet Tunggul Wulung mencapai 799 milimeter, Gumilir 760 milimeter, Klaces 747 milimeter, dan Jeruklegi 951
milimeter.

BMKG memprakirakan bahwa Jateng selatan telah melewati puncak musim hujan.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News