Prakiraan Cuaca Jateng hingga Februari 2023: Tetap Waspada Cuaca Ekstrem

Kamis, 12 Januari 2023 – 13:34 WIB
Prakiraan Cuaca Jateng hingga Februari 2023: Tetap Waspada Cuaca Ekstrem - JPNN.com Jateng
Analisis curah hujan di wilayah Jawa Tengah pada dasarian pertama bulan Januari 2023. ANTARA/HO-BMKG

jateng.jpnn.com, CILACAP - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan curah hujan di sebagian Jawa Tengah pada dasarian (10 hari, red.) kedua Januari 2023 berkurang dari dasarian sebelumnya.

Berdasarkan data yang dirilis BMKG Stasiun Klimatologi Jawa Tengah, curah hujan pada dasarian pertama Januari 2023 di berbagai wilayah Jateng rata-rata masuk kriteria menengah (51-150 milimeter) hingga tinggi (151-300 milimeter).

Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap Teguh Wardoyo mengatakan prakiraan probabilistik curah hujan dasarian kedua bulan Januari, peluang curah hujan rendah atau kurang dari 50 milimeter per dasarian di sebagian Pantura Rembang, Pati, Pemalang, Tegal, dan Brebes.

"Untuk peluang curah hujan menengah atau berkisar 51-150 milimeter per dasarian di sebagian besar wilayah Jateng," katanya, Kamis (12/1).

Selanjutnya, kata dia, peluang lebih besar dari 80 persen curah hujan tinggi yang berkisar 51-300 militer per dasarian di sebagian kecil Semarang, Kendal, Karanganyar, Cilacap, dan Kebumen.

Untuk peluang 70 persen curah hujan sangat tinggi atau lebih dari 300 milimeter per dasarian di sebagian kecil Cilacap bagian selatan.

Terkait dengan prakiraan deterministik curah hujan, Teguh mengatakan pada dasarian kedua bulan Januari diprakirakan sebagian besar wilayah Jateng masuk kriteria menengah atau 51-150 milimeter.

"Namun, untuk curah hujan di sebagian wilayah Pekalongan, Batang, dan Kendal diprakirakan masuk kriteria tinggi atau 151-300 milimeter. Demikian pula dengan Jateng bagian timur dan barat masuk kriteria rendah atau 21-50 milimeter," tuturnya

BMKG menyebut curah hujan di sebagian Jateng mulai berkurang. Namun, BMKG tetap mengimbau warga mewaspadai cuaca ekstrem.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News