Penjelasan BPBD Wonosobo Soal Kondisi Dataran Tinggi Dieng, Simak!

Senin, 16 Januari 2023 – 22:20 WIB
Penjelasan BPBD Wonosobo Soal Kondisi Dataran Tinggi Dieng, Simak! - JPNN.com Jateng
Kawah Sileri di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara. FOTO ANTARA/Sumarwoto

jateng.jpnn.com, WONOSOBO - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonosobo Bambang Triyono mengatakan Dataran Tinggi Dieng masih aman dikunjungi wisatawan meskipun status gunung api di kawasan tersebut dinyatakan waspada.

"Prinsip untuk Dataran Tinggi Dieng aman dikunjungi wisatawan, tetapi kamin imbau tetap hati-hati dan waspada," jelasnya, Senin (16/1).

Dia menjelaskan gempa-gempa dengan skla kecil masih terjadi di Dataran Tinggi Dieng.

"Berdasarkan catatan dari dari petugas Pemantauan Gunung Api Dieng masih ada gempa-gempa skala kecil, dan ada yang tidak dirasakan oleh warga sekitar," katanya.

Dia menyebutkan ada beberapa titik Pantauan Gunung Api Dieng, yakni Kawah Sileri dan Kawah Timbang yang berada di wilayah Kabupaten Banjarnegara.

Kemudian ada Kawah Sikendang di Telagawarna masuk wilayah Kabupaten Wonosobo.

Lebih lanjut, berdasarkan hasil pemantauan koordinasi dengan pusat Pemantauan Gunung Api Dieng, status di Dataran Tinggi Dieng masih waspada atau level II, artinya belum ada penurunan karena setiap hari masih ada gerakan-gerakan.

"Alhamdulillah untuk Kawah Sikendang dari hasil pemantauan dan grafik yang kami baca tadi masih dalam keadaan normal, artinya tenang, untuk itu kami tetap mengimbau kepada masyarakat dan para wisatawan untuk hati-hati dan waspada," katanya. (antara/jpnn)

Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah masih aman dikunjungi wisatawan meskipun status gunung api di kawasan tersebut berstatus waspada.

Redaktur & Reporter : Danang Diska Atmaja

Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News